Sunday, June 16, 2024

D4 Produksi Media, Prodi Dengan Peminat Terbanyak di ATVI

Aula kampus baru Akademi Televisi Indonesia (ATVI) yang akan bertransformasi menjadi Institut Institut Media Digital Emtek (IMDE) dipenuhi orang tua dan calon manhasiswa dari berbagai SMA/SMK di Jabodetabek. Mereka sangat antusias mendengar penjelasan dari Direktur ATVI-IMDE, Pieter Andrian, dan para Ketua Program Studi, dalam acara yang dikemas dengan tajuk “Meets The Parents”, Sabtu (15/06/2024).





Acara “Meets The Parents” juga disertai dengan cek kesehatan, , studio tour, berkeliling melihat fasilitas yang ada di kampus baru, makan siang bersama sambil dialog dengan paradosen dan Keua Kaprodi.

Pieter Andrian dengan penuh semangat menjelaskan berbagai keuntungan bila mahasiswa kuliah di ATVI-IMDE mengingat, ATVI-IMDE bagian dari holding besar bernama Elang Mahkota Teknologi atau EMTEK yang memiliki banyak perusahaan baik di bidang broadcasting, media online, rumah produksi, film, OTT seperti Vidio.com, content creator, rumah sakit, layanan keuangan seperti Superbank, dan lini bisnis lainnya yang saling mendukung. Lulusan ATVI-IMDE punya akses untuk memanfaatkan asset EMTEK khususnya praktik di studio, magang, dan nantinya diserap bekerja di ekosistem Emtek Group.


“Akademi Televisi Indonesia yang bertransformasi menjadi Institut Media Digital Emtek mengundang orang tua para calon mahasiswa untuk bersilaturahmi secara langsung dengan Pejabat Rektorat dan para Kaprodi pada hari ini,” kata Pieter di lokasi acara “Meets The Parents”

Lebih lanjut dijelaskan Pieter Andrian yang juga Vice President Group HR EMTEK, sebagian besar kekhawatiran orang tua terjawab saat dijelaskan bahwa dengan memilih untuk kuliah di Institut Media Digital Emtek, anak mereka secara langsung maupun tidak langsung sudah bergabung dalam ekosistem Emtek Group.

“Dengan demikian, tidak perlu ada keraguan lagi untuk langsung mendaftarkan anak-anak mereka ke Institut Media Digital Emtek. Ada 3 prodi baru di IMDE, yaitu S1 Bisnis Digital, S1 Seni Pertunjukan dan S1 Kajian Film & Media, selain dari D3 Komunikasi Massa dan Sarjana Terapan Produksi Media yang sudah berjalan selama ini,” ujar Pieter.




baca juga Beda D4 dan S1

Ketua Program Studi Produksi Media Teguh Setiawan, mengatakan, acara “Meets The Parents” merupakan salah satu cara untuk mendekatkan dan memperkenalkan kampus kepada para orangtua dan calon mahasiswa. Acara ini memberikan banyak manfaat selain mengenalkan beragam program studi yang ada, beasiswa. Antusiasme yang tinggi dari orang tua juga menunjukkan bahwa acara ini sangat dihargai dan diharapkan dapat terus diselenggarakan di masa mendatang.

Teguh melanjutkan, Produksi Media merupakan salah satu Prodi unggulan yang banyak peminatnya, terbukti dari beberapa calon mahasiswa yang hadir sebagian besar memilih prodi ini. Produksi Media merupakan Prodi dengan kompetensi yang banyak dibutuhkan di era digital saat ini, di antaranya kemampuan membuat konten, streaming, public speaking dan beragam kompetensi yang dibutuhkan baik untuk media konvesional maupun media sosial.

“Apalagi Prodi ini merupakan jenjang sarjana terapan (D4) dimana dalam proses belajar nya lebih banyak mengandalkan praktik daripada teori, yang didukung oleh para pengajar dari kalangan akademisi dan praktisi,”tambahTeguh.

Mengapa D4 ?

Diploma IV (D4) sering kali menawarkan keunggulan yang berbeda dibandingkan dengan gelar Sarjana (S1). Salah satu kelebihannya adalah fokus pada keterampilan praktis yang dibutuhkan di lapangan kerja. Program D4 cenderung lebih terfokus dan langsung relevan dengan kebutuhan industri tertentu, sehingga lulusan dapat lebih siap secara praktis untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Program D4 lebih terfokus pada pengembangan keterampilan teknis yang spesifik, memungkinkan lulusan untuk menjadi spesialis dalam bidang tertentu dengan pemahaman yang mendalam tentang aplikasi praktisnya. Mereka sering dihargai di industri karena keahlian praktis yang langsung dapat diterapkan, menjadikan mereka kandidat yang diminati oleh banyak perusahaan.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa lulusan program D-4 merupakan solusi bagi kebutuhan industri. Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbud, Wikan Sakarinto, menjelaskan bahwa salah satu keunggulan lulusan program D-4 adalah kompetensinya yang terdiri dari 60 persen praktik dan 40 persen teori. Sarjana terapan (D-4) memiliki keunggulan dalam penguasaan softskill yang diperoleh selama masa kuliah. Menurut Wikan, hal ini disebabkan oleh adanya program magang satu tahun di industri dan pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan bersama industri tersebut.

Wikan juga menambahkan bahwa program studi D-4 lebih spesifik dibandingkan dengan program S-1. Contoh program studi D-4 Produksi Media, Akutansi, Bahasa Inggris dll, dari namanya saja, sarjana terapan ini dirancang spesifik, sehingga kurikulum sarjana terapan dan D-2 harus sesuai dengan kebutuhan industri," ujar Wikan.





Monday, June 10, 2024

Meet the Parents: Upaya Mengenalkan Kampus, Beasiswa, dan Cek Kesehatan Gratis

Pada Sabtu, 15 Juni 2024, Akademi Televisi Indonesia (ATVI) IMDE, yang merupakan bagian dari grup media terbesar EMTEK, akan menyelenggarakan acara istimewa bertajuk "Meet the Parents". Acara ini dirancang untuk mempererat hubungan antara kampus dan orang tua calon mahasiswa, sekaligus memberikan informasi mendalam mengenai berbagai program studi yang ditawarkan ATVI IMDE.

Kegiatan ini selain bertemu dan berbincang mengenai program studi juga akan ada cek  kesehatan gratis  dari RS EMC Tangerang-Grup Emtek serta sesi program beasiswa khusus. Kegiatan akan berlangsung pada : Sabtu, 15 Juni 2024 jam 10.00- selesai, bertempat di kampus baru ATVI IMDE yang berada di lingkungan kompleks EMTEK City, Jakarta Barat.


Pengenalan Lima Program Studi
Salah satu agenda utama dalam acara ini adalah pengenalan lima program studi unggulan yang dimiliki ATVI IMDE. Para orang tua dan calon mahasiswa akan berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan kepala program studi masing-masing. Program studi yang diperkenalkan meliputi:

1. Produksi Media : Program studi dengan jenjang sarjana (D4) yang menghasilkan lulusan sarjana terapan profesional yang mampu berkiprah di industri kreatif dalam bidang produksi media.

2.Komunikasi Massa: Program studi jenjang Diploma Tiga (D3) yang mencetak lulusan Ahli Madya di bidang penyiaran, periklanan dan media digital yang terampil dalam membuat konten kreatif yang bisa dipakai dalam acara televisi atau media massa lainnya.

3. Bisnis Digital : Prodi ini mengajarkan untuk merancang dan menjalankan bisnis yang berbasis digital. Ilmu yang akan diperoleh merupakan perpaduan dari manajemen, bisnis, teknik informatika, dan sistem informasi.

4. Seni Pertunjukan: Mempelajari tentang berbagai keilmuan di bidang seni pertunjukan, baik itu seni teater, musik, tari, dan seni pertunjukan lainnya.

5. Kajian Film, Televisi & Media: Program studi yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional yang kreatif dan kritis dalam industry film, televisi dan media.

Diskusi dengan kepala program studi ini akan memberikan gambaran lebih jelas tentang kurikulum, peluang karier, serta tantangan yang mungkin dihadapi selama studi.


baca juga Prodi Unggulan

 
Peluang Beasiswa 100%

ATVI IMDE juga menawarkan peluang beasiswa penuh bagi para calon mahasiswa yang berprestasi. Dalam acara ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai syarat dan proses seleksi beasiswa tersebut. Ini adalah kesempatan emas bagi mereka yang memiliki potensi akademik dan keinginan kuat untuk belajar, namun terkendala masalah finansial.

baca juga Beragam Beasiswa

 
Makan Siang Bersama Rektor dan Kepala Program Studi
Selain diskusi dan pengenalan program studi, para peserta acara juga akan diundang untuk makan siang bersama rektor dan kepala program studi. Ini adalah momen yang sangat berharga untuk mengenal lebih dekat para pemimpin akademik di ATVI IMDE, serta mendapatkan wawasan langsung mengenai visi dan misi kampus dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di industri media.
 
Cek Kesehatan Gratis oleh Tim RS EMC
Dalam rangkaian acara "Meet the Parents" ini, RS EMC akan menyediakan layanan cek kesehatan gratis bagi peserta yang hadir. Ini adalah salah satu bentuk kepedulian ATVI IMDE dan RS EMC terhadap kesehatan para orang tua dan calon mahasiswa, memastikan mereka dalam kondisi prima untuk menghadapi tahun ajaran baru.
 
Voucher Langganan Vidio.com dan Free Formulir Pendaftaran

Sebagai tambahan, para peserta akan mendapatkan voucher langganan Vidio.com secara gratis. Ini merupakan salah satu keuntungan yang menarik, mengingat Vidio.com adalah penyedia layanan streaming terlengkap di Indonesia platform yang menawarkan berbagai konten hiburan berkualitas. Selain itu, ATVI IMDE juga membebaskan biaya formulir pendaftaran bagi calon mahasiswa yang hadir dalam acara ini, sehingga mereka bisa lebih mudah melanjutkan proses pendaftaran ke kampus impian mereka.

baca juga Lowongan

Acara "Meet the Parents" ini bukan hanya sekadar pertemuan formal, tetapi juga merupakan ajang untuk membangun kebersamaan dan memahami lebih dalam tentang ATVI IMDE. Dengan berbagai kegiatan menarik dan informatif yang telah dipersiapkan, diharapkan para orang tua dan calon mahasiswa dapat merasakan langsung komitmen ATVI IMDE dalam memberikan pendidikan terbaik dan mendukung kesuksesan masa depan mereka.

Untuk RSVP silahkan mengisi form berikut : https://bit.ly/imdeparents2024
Bagi bpk/ibu yang ingin bertanya atau mengetahui informasi lebih lanjut, dapat menghubungi contact person di bawah ini: 
Ade - WA 08388887718