Thursday, February 15, 2024

Berimajinasi dengan AI, bagaimana dengan hak cipta?

Saat ini siapa yang tidak mengenal yang namanya Artificial Intelegence (AI), hampir sebagian besar masyarakat mendapatkan manfaat dari teknologi ini. Berbagai peran AI digunakan dalam setiap sisi kehidupan, bahkan tak berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa saat ini manusia banyak bergantung kepada AI.

Pemanfaatan AI semakin masif  dilakukan, ide-ide yang dihasilkan sangat beragam mulai dari hal kebutuhan untuk membuat konten komersil hingga konten hiburan untuk media social. Beragam fitur kecerdasan buatan bermunculan, dari yang gratis sampai berbayar. Salah satunya adalah Bing , mesin pencari buatan Microsoft yang konon katanya lebih canggih daripada Google. Bing merupakan reinkarnasi dari tiga mesin pencari Microsoft yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

foto hasil penggunaan AI

Dengan kemampuannya mengolah atau membuat gambar berdasarkan data yang diberikan, Bing Image Kreator termasuk dalam model program AI Art Generator.  Microsoft mengembangkan Bing Image Kreator berbasiskan Dall-E 3 yang merupakan program pengolah gambar dari Open AI. Microsoft menghadirkan Bing Image Kreator pada mesin pencarinya Bing, berdampingan dengan Chatbot Ai yang mirip dengan ChatGPT.

baca juga cara mudah membuat gambar dengan AI

Pengguna dapat membuat gambar hanya dengan memasukkan perintah berupa teks atau prompt sesuai kebutuhannya berdasarkan model, corak, warna, dan kriteria lainnya  Bing Image Kreator memproses semua data teks Anda untuk membuat gambar baru. Fitur ini dapat diakses dari website (www.bing.com/images/create) baik di smartphone maupun PC. Setelah itu, pengguna hanya perlu memasukkan prompt berupa deskripsi gambar yang diinginkan dan mengklik tombol "Buat".


Opini tentang AI di Sinarharapan.net

Artificial Intelegence (AI) dan Kreativitas

Keberadaan kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia. Berkat AI, beberapa tugas manusia kini dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien. Fakta terbaru terungkap tentang kemampuan kreatif AI yang  melampaui manusia. Berdasarkan studi yang dilakukan University of Montana yang menunjukan bahwa Ai dapat mengungguli manusia dalam tes kreativitas. Secara khusus penelitian ini menemukan bahwa AI khususnya GPT-4 terbukti menyamai 1% di atas kreativitas manusia (jawapos).

versi lengkapnya silahkan baca di Sinarharapan.net


0 Comments:

Post a Comment