Sunday, October 1, 2023

Content Creator, 7 Kemampuan yang harus dimiliki

Menurut State of Digital Publishing dalam Glint, content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi di media, terutama media digital dan memiliki target audiens tertentu. Sementara itu, menurut HubSpot, content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) dengan menambahkan nilai edukasi dan hiburan. Materinya dapat disesuaikan dengan keinginan dan ketertarikan audiens.


Konten kreator merupakan sebuah profesi baru yang muncul sebagai konsekuensi dari kecanggihan teknologi yang saat ini telah berkembang pesat. Konten kreator secara harafiah disebut sebagai orang yang memproduksi sebuah konten di platform digital. Produksi konten yang dilakukan oleh konten kreator ada yang memang dimaksudkan sebagai branding sebuah produk, tuntutan profesi, maupun sekedar menjaga eksistensi diri (Firdiansyah, 2022).

Konten yang mereka buat biasanya diupload ke berbagai media sosial seperti: facebook, Youtube, Instagram, Tiktok ataupun blog. Seorang content creator dapat bekerja baik secara individu maupun sebagai karyawan. Konten yang mereka buat umumnya berkaitan dengan informasi, edukasi, maupun hiburan.

baca juga Buku Wajib Content Creator 

Kemampuan Yang Harus dimiliki

Saat ini untuk menjadi seorang Content Creator adalah sesuatu yang lazim diinginkan oleh setiap individu, selain itu banyak kemudahan yang diberikan di era digital. Media dan peralatan pendukungnya saat ini sangat mudah diakses dan didapatkan. Berikut beberapa kemampuan yang sebaiknya harus dimiliki oleh seorang content creator:

1. Kemampuan Riset

Riset sangat dibutuhkan seorang content creator agar konten yang dihasilkan sesuai dengan target penontonnya. Selain itu riset juga dibutuhkan agar mengetahui informasi yang sedang tren sehingga konten yang dihasilkan akan dilihat.

2. Menulis Kreatif-Story Telling

Ketika riset selesai dilakukan dan mendapatkan ide konten, tahap selanjutnya adalah mewujudkan ide tersebut dalam bentuk tulisan. Menulis di sini bukan hanya soal kata-kata yang indah atau yang menginspirasi, namun yang paling penting adalah tulisan kita dapat dipahami semua kalangan. Teruslah berlatih nantinya kita akan menemukan ciri khas yang menjadi karakteristik.

3. Kemampuan Fotografi dan Videografi

Kemampuan berikutnya yang bersifat teknis, namun sangat penting untuk dikuasai. Sebagai seorang content creator kita dituntut untuk membuat konten dengan visualisasi yang menarik, baik itu foto maupun video. Akan sangat disayangkan jika konsep yang dubat sudah bagus namun dibuat dengan produksi seadanya. 

baca juga Rekomendasi smartphone Content Creator 


4. Editing Video

Kebanyakan konten yang menuai banyak perhatian diolah dengan editing yang sangat baik. Hasil syuting yang biasa terkadang dengan penggarapan editing yang baik akan menjadi visual yang menarik, namun bukan berarti kita boleh asal dalam produksinya.

5. Desain Grafis

Adakalanya konten yang kita buat juga disajikan dalam bentuk infografis sehingga dibutuhkan kemampuan mengolah gambar. Selain itu agar konten kita menarik dan menarik minat orang untuk melihatnya maka harus dibuatkan thumnail.

6. Live On Camera

Sebagai seorang content creator adakalanya kita juga harus tampil di depan camera. Maka kemampuan kita tampil harus didukung oleh publik speaking yang baik dan percaya diri sehingga mampu menjelaskan konten kita dengan baik.

7. Memahami Platform dan Tools Media Sosial

Sebagai seorang content creator kita harus dapat memahami berbagai platform media sosial yang ada. Agar konten yang kita buat dapat lebih efektif dan tepat sasaran. Platform-platform analytic seperti Google Analytics dapat dimanfaatkan untuk menganalisis konten.


Jenis-Jenis Konten

1. Konten Kuliner
Setiap orang pasti suka dengan makanan, apalagi makanan yang baru dan menarik. Untuk itu konten mengenai makanan menjadi salah satu konten yang banyak dicari orang.
Konten dibuat dengan berbagai macam, seperti review, tutorial memasak, makanan khas dll.

2. Konten Musik
Musik juga menjadi salah satu konten yang banyak peminatnya. Konten yang dibuat dapat berupa review, video klip ataupun cover lagu. Yang perlu diperhatikan saat membuat konten musik adalah soal hak cipta, jadi perlu dicermati kalau perlu minta ijin ke penyanyi ataupun penciptanya langsung.

3. Travelling
Indonesia merupakan negara dengan keindahan alam yang khas. Kita dapat mengunjungi berbagai tempat sekalian membuat konten. Banyak hal yang dapat di eksplore misalnya keunikan daerah, adat istiadat, dan makanannya.

4. Konten Tips dan Trik
Jika kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu misalnya oprek Hp, komputer ataupun bidang lainnya. Semua itu dapat dibuat konten yang membahas tips dan trik ataupun berbagi pengetahuan. Buat video semenarik mungkin dan menghibur agar penonton tidak bosan melihatnya walaupun bicara tentnag teknis.

5. Current Issue
Hal-hal yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat juga dapat menjadi sebuah konten yang menarik. Kita juga dapat menghadirkan narasumber yang berkaitan dengan issue yang sedang dibahas. Sebaiknya dalam membahas konten sebisa mungkin berimbang dengan menghadirkan dari pihak yang pro maupun kontra.