Saturday, September 2, 2023

8 Rekomendasi, Smartphone Bagi Content Creator

Menurut State of Digital Publishingcontent creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi di media, terutama media digital dan memiliki target audiens tertentu. Sementara itu, menurut HubSpotcontent creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) dengan menambahkan nilai edukasi dan hiburan. Konten yang dihasilkan dapat berupa tulisan, foto, maupun video. Konten video menjadi pilihan yang menarik saat ini karena video dapat memberikan penjelasan secara visual sehingga lebih menarik audiens untuk melihatnya.



Tidak perlu memiliki kamera profesional dengan harga yang sangat mahal untuk sekedar mengambil foto atau video. Pasalnya, banyak berbagai merek smartphone yang memiliki fitur unggulan, terutama dalam fotografi dan videografi. Harganya juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kamera profesional. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal saat Anda ingin membeli smartphone, yakni:

1.       Procesor (CPU)

Seorang content creator akan membutuhkan smartphone dengan prosesor yang kuat. Prosesor yang cepat akan memungkinkan  pengeditan video dan foto yang lebih lancar, serta menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti aplikasi pengeditan foto dan video dengan baik. Pilihlah smartphone dengan prosesor terkini dan kapasitas CPU yang memadai.

Saat ini ada beberapa produsen processor yang sering digunakan pada smartphone, diantaranya Snapdragon, Mediatek, Kirin, dan Exynos.


2.       Memori (RAM dan Penyimpanan Internal)

RAM yang besar akan memungkinkan multitasking yang lancar saat mengedit konten dan menjalankan aplikasi lainnya. Minimal 6GB RAM adalah rekomendasi awal. Selain itu, pastikan smartphone memiliki penyimpanan internal yang cukup untuk menyimpan semua file media Anda. Bisa juga mempertimbangkan model dengan opsi penyimpanan eksternal seperti kartu microSD.

 baca juga Content Creator, profesi yang menggiurkan

3.       Sensor Gambar

Sensor gambar yang lebih besar cenderung menghasilkan gambar yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah dan memberikan kualitas gambar yang lebih baik secara keseluruhan. Sebaiknya cari smartphone dengan sensor gambar yang besar dan berkualitas tinggi. Ukuran sensor biasanya diukur dalam "micron" (µm) dan semakin besar, semakin baik.

Misal: 1/1.73", 0.8µm lebih baik dibandingkan dengan 1/2.9", 1.25µm.



baca juga Sarjana Terapan, lebih terampil dari S1?

4.       Resolusi Kamera

Resolusi kamera adalah jumlah piksel dalam gambar. Namun, resolusi bukan satu-satunya faktor penting. Pastikan juga untuk memeriksa kualitas kamera secara keseluruhan, termasuk kemampuan pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah, dynamic range, dan fitur-fitur lainnya seperti HDR dan mode malam. Sebaiknya pilih smartphone dengan kamera yang memiliki fitur-fitur ini.



5.       Optical Zoom

Kamera smartphone saat ini hadir dengan fitur hybrid zoom, selain digital zoom dan optical zoom. Zoom hybrid menggunakan kemampuan zoom optik dan digital bersama dengan perangkat lunak untuk meningkatkan zoom lebih dari kemampuan lensa fisik. Sebaiknya pilihlah yang memiliki fitur optical zoom, karena pada saat dibutuhkan mengambil obyek yang jauh akan menghasilkan gambar yang lebih baik.

baca juga Stabilizer Smartphone

6.       Stabilizer

Pada smartphone kita mengenal ada tiga jenis system stabilisasi, yakni Optical Image Stabilization (OIS), Electronic Image Stabilization (EIS), dan Hybrid Image Stabilization (HIS). Umumnya pada smartphone kelas menengah hanya terdapat fitur stabilizer EIS, sedangkan fitur OIS hanya ada pada tipe Flagship.

7.       Kapasitas Baterei

Untuk content creator yang sering bekerja di luar ruangan, baterai yang tahan lama dan pengisian cepat sangat penting. Pastikan smartphone memiliki kapasitas baterai yang cukup untuk mengatasi penggunaan sepanjang hari, dan dukungan untuk pengisian cepat agar tidak perlu menunggu terlalu lama.

8.       Fitur Tambahan

Selain faktor utama di atas, beberapa fitur tambahan yang bisa bermanfaat bagi content creator adalah:

  • Mode manual atau pro untuk kontrol yang lebih besar terhadap pengaturan kamera.
  • Mikrofon berkualitas untuk merekam audio yang jernih.
  • Layar berkualitas tinggi dengan reproduksi warna yang baik untuk mengedit gambar dan  video dengan tepat.

Selain hal tersebut di atas yang paling penting adalah kemampuan kita dalam memahami aspek aspek pengambilan gambar dan tentunya kretivitas. Sehingga dengan kinerja smartphone yang mumpuni ditambah kretivitas kita maka akan menghasilkan konten video yang professional.

0 Comments:

Post a Comment