Saturday, August 19, 2023

Digital Content Creator, profesi yang menjanjikan

Menurut State of Digital Publishing, content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi yang ada di media, terutama media digital. Content creator biasanya memiliki target audiens tertentu.



Menurut HubSpot, content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga kelak disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens. Selain social media seperti Facebook, Instagram, atau YouTube, mereka juga memakai blog, infografik, maupun ebook untuk menyebarkan konten.

baca juga D4 dan S1, apa bedanya?

Saat ini konten tidak hamya terbatas pada foto dan suara saja, tetapi juga dalam bentuk audio visual. Sehingga seorang content creator juga harus memiliki ketrampilan membuat video yang baik. Konten tersebut dibuat untuk media, khususnya media digital, seperti YouTube, Instagram, Blogger, dan berbagai platform media sosial lainnya. Seorang content creator yang sukses diharapkan mampu mengatur jadwal, mengetahui industri yang dibuat kontennya, mempunyai gaya penulisan yang up to date, berpikir seperti audiens, dan mempunyai jaringan yang luas

Terdapat beberapa pengetahuan dan skill yang harus dikuasai seseorang jika ingin menggeluti profesi ini, di antaranya seperti pengetahuan media produksi, komunikasi hingga teknik dan metode penyebaran. Nantinya beberapa pengetahuan itu akan dijadikan sebagai alternatif untuk memberi informasi dan menghibur target lewat tulisan, lisan maupun visual lainnya.

baca juga Hal yang dibutuhkan Content Creator

Kemampuan yang harus dimiliki seorang content creator

Untuk menjadi seorang content creator yang berkualitas, ada beberapa skill yang perlu dikuasai. Berikut di antaranya.

1. Kemampuan Melakukan Riset

Seorang content creator harus dapat memiliki kemampuan riset yang baik yakni mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk membuat konten, diantaranya bagaimana melihat target audiens, melakukan riset keyword, tren  yang ada, serta hashtag yang digunakan.

2. Memiliki manajemen Waktu yang Baik 

Umumnya seorang content creator akan membuat banyak konten dalam beberapa waktu yang tentunya akan menyita waktu dan tenaga yang banyak. Untuk itu dibutuhkan manajemen waktu yang baik apalagi jika content creator memiliki pekerjaan lainnya. Kemampuan yang baik dalam mengatur dan mengelola waktu akan membantu content creator untuk lebih mudah menyelesaikan setiap proyek yang ditanganinya.

3. Kemampuan menulis dan Copywriting

Kemampuan menulis bukan hanya dibutuhkan untuk seorang blogger saja tapi seorang content creator juga harus memiliki kemampuan dalam menulis, baik menulis naskah maupun caption. Kemampuan yang baik dalam copywriting juga diperlukan agar mudah dipahami oleh audiens

3. Kemampuan Fotografi dan Videografi

Saat ini konten di media social lebih banyak dalam bentuk foto mmaupun video, maka kemampuan fotografi dan videografi merupakan syarat mutlak bagi seorang content creator. Foto dan video akan membuat konten menjadi menarik, sehingga menarik minat audiens untuk mengaksesnya. Saat ini smartphone sudah dapat diandalkan dalam membuat konten foto maupun video, namun tentu saja harus memahami bagaimana menggunakannya agar dapat menghasilkan yang baik.

baca juga Smartphone atau Camcorder

4. Kemampuan editing video

Editing merupakan salah satu proses yang penting dalam pembuatan konten, di mana berbagai kesalahan maupun hal-hal yang tidak sesuai pada konten bisa diperbaiki, sehingga konten yang dihasilkan lebih berkualitas dan sesuai dengan keinginan. Ketrampilan editing video saat ini tidak harus menggunakan computer dengan spesifikasi tinggi tapi cukup menggunakan smartphone.

5. Kemampuan memahami algoritma

Lebih fokus pada suatu cara kerja media sosial, contohnya seperti instagram yang baru-baru ini lebih sering ramai menampilkan postingan di reels. Dengan memahami hal seperti itu, dan mencoba untuk memanfaatkannya, tentu saja konten yang kamu buat akan semakin berkembang. Pun dengan YouTube maupun Blog.

6. Kemampuan berkomunikasi

Pembuat konten perlu menyampaikan pesan dengan cara yang jelas dan menarik. Apa pun media yang digunakan untuk membuat konten, Anda memerlukan keterampilan komunikasi yang kuat. Misalnya, pembuat konten video dan audio membutuhkan keterampilan komunikasi verbal yang baik dan keterampilan menulis yang kuat untuk membuat skrip untuk produksi mereka.

Prodi Produksi Media, sebagai kampus Content Creator

Program studi Produksi Media Akademi Televisi Indonesia merupakan salah satu prodi yang tepat jika anda ingin mempelajari berbagai ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjadi content creator. Beberapa mata kuliah yang mendukung di antaranya, fotografi, digital videografi, copywriting, manajemen produksi, produksi media, public speaking dan mata kuliah lainnya. Mahasiswa diharapkan dapat membuat desain, merencanakan, memproduksi, dan menganalisis konten konten produksi media untuk berbagai platform.

baca juga Kampus digital

Para pengajar yang terdiri dari akademisi dan praktisi yang sangat kompeten di bidangnya, juga lokasi kampus yang berada di lingkungan studio TV nasional yakni Indosiar dan SCTV merupakan kelebihan yang dapat dirasakan saat kuliah nanti.

1 comment:

  1. sselain digital content creator, SEO juga profesi yang menjanjikan lho, nah bagi mimin mastepedia kalau mau belajar seo bisa di Optimaise.co.id selain itu kita juga menyediakan Jasa SEO lhoo!

    ReplyDelete