Saturday, July 29, 2023

SMK Islam PB. Soedirman 1 Jakarta Kembangkan Kurikulum Terintegrasi Industri dan “Ok Oce”

Sabtu, 29 Juli 2023 bertempat di Ruang Editing SMK Islam PB. Soedirman 1 Jakarta menggandeng beberapa industri rekanan Nasional dan Internasional untuk melakukan Review dan Revisi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Terintegrasi Industri dan OK OCE. Industri yang dilibatkan dalam Pengembangan Kurikulum Khusus Program Keahlian Desain Komunikasi Visual dan Broadcasting Perfilman diantaranya yaitu PT. Shark Animation, PT. Inti Prima Karya, PT. Kulstori Indonesia, PT. Erlangga, Astragraphia, RasilTV, Akademi Televisi Indonesia (ATVI), OK OCE Indonesia, CV. Berkah Bersama Tanzif. Kegiatan Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar yang melibatkan Dunia Industri ini merupakan salah satu Program dari Kemdikbudristek RI untuk SMK yang lolos seleksi sebagai Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023 dan seyogyanya juga dilakukan oleh Seluruh SMK di Indonesia yang bukan Pelaksana Program SMK PK karena pentingnya Satuan Pendidikan SMK mengikuti perkembangan industri dalam Pelaksanaan Proses Pembelajarannya supaya kelak lulusannya sesuai kebutuhan industri sebagai stakeholder utama dari SMK terutama dalam Penyediaan Tenaga Profesional di Bidang Industri Kreatif yang terus berkembang dengan pesat.


Di dalam sambutannya, Sugiarti, M.Pd selaku Kepala SMK Islam PB. Soedirman 1 Jakarta menyampaikan bahwa tak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan sekolah dalam mencapai Target Lulusan Bekerja- Melanjutkan-Wirausaha (BMW) nol (0) bulan atau maksimal satu (1) tahun pasca kelulusan ada andil besar peran serta industri yang konsisten terutama dalam menanamkan budaya bekerja, update tehnologi, kebersamaannya yang terlibat langsung dalam Proses Belajar Kejuruan maupun Kewirausahaan minimal 100 Jam Pembelajaran, Pembimbingannya kepada Pendidik saat magang dan Peserta Didik saat Praktik Kerja Lapangan minimal 6 bulan serta peran serta kegiatan lainnya yang sangat mendukung dan menambah semangat kami untuk terus berkolaborasi tanpa henti dengan hamper seratus industri rekanan kami.

baca juga Beragam Pilihan Beasiswa

Hal itu dapat kami lihat dari tahun pertama kami melaksanakan Program Center off Excellence (Pusat Keunggulan) pada tahun 2020 sampai saat ini tahun 2023 prosentase keterserapan lulusan sekolah kami semakin meningkat secara signifikan dari tahun 2020 yang awalnya sekitan ±70%, menjadi 84,88 % di tahun 2021 kemudian naik lagi menjadi 95,83% di tahun 2022 selama kurun waktu 1 tahun pendampingan dan Tahun 2023 ini makin meningkat menjadi ±60% sebelum ijazah diserahkan/0 bulan pasca kelulusan. Ini menjadi kebanggan sendiri untuk SMK Islam PB. Soedirman 1 Jakarta karena makin berkwalitas mutu lulusannya, sesuai target pemerintah untuk lulusan Satuan Pendidikan khususnya SMK.



Kegiatan Penyelarasan Kurikulum juga diisi dengan paparan praktik baik hasil projek peserta didik dari Program Keahlian DKV dan BCF selama kurun waktu 2 tahun dengan Kurikulum yang terintegrasi industri. Dari hasil sampling paparan yang disampaikan oleh Afrizan Muhtadin dari DKV, juga Sheren Auliachova serta Scearly Wijayanti dari BCF meliputi projek 2D, 3D Animasi, 3D Modelling, Desain Grafis Percetakan, Pachaging, Iklan Komersil, Video Animasi Pembelajaran, Video Clip Senam, Proyek News/Berita, Non Drama/Film mendapat tanggapan yang luar biasa dari seluruh praktisi industri yang hadir. Dimana ini membuktikan bahwa Kegiatan Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar Bersama Industri di SMK Islam PB. Soedirman 1 Jakarta tidak hanya sebagai formalitas karena pelaksana program SMK PK namun benar-benar diterapkan, diasesmen, dievaluasi dan dikritisi untuk rencana tindak lanjut secara langsung oleh pihak industri rekanan sebagai wadah pengembangan Kurikulum serta Peningkatan Kompetensi Profesional Peserta Didik/lulusan SMK Islam PB. Soedirman 1 Jakarta di masa yang akan datang.

baca juga S1 dan D4, apa bedanya?

Yang lebih unik lagi dalam penyelarasan ini juga melibatkan pihak OK OCE untuk mensinergikan Kurikulum Tujuh (7) Tahapan OK OCE Prima ke dalam Kurikulum Kewirausahaan di Fase F/Kelas XI dan XII sehingga lulusan SMK Islam PB. Soedirman 1 Jakarta sebelum lulus bagi yang minat menjadi Pengusaha sudah memiliki usaha mandiri atau menjadi wirausaha muda seperti halnya alumni angkatan 2023 yang dihadirkan dalam kegiatan ini yaitu Ratu Aulia yang telah merintis usahanya. Selain berwiarausaha Ratu Aulia adalah lulusan yang berprestasi dan lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri Melalui Jalur Prestasi.

baca juga Hack Kamera DSLR

Setelah paparan dan masukan-masukan dari industri untuk perbaikan hasil projek peserta didik dan lulusan, maka para praktisi  industri berdiskusi bersama dengan guru kejuruan untuk mereview serta melakukan revisi Kurikulum sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

Kerjasama ATVI dan SMK PB Soedirman

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) yang merupakan perguruan tinggi vokasi di bidang Penyiaran dan Produksi Media turut berperan dalam melaksanakan penyelarasan kurikulum ini. Kerjasama juga telah dilakukan antara ATVI dan SMK PB Soedirman, yang dilakukan pada 5 Juli 2023 lalu. ATVI juga memiliki kepentingan agar lulusan SMK terutama yang berkaitan dengan bidang penyiaran memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai, sehingga bekal tersebut dapat digunakan pada saat kuliah.



ATVI diwakili oleh Teguh Setiawan. S.Pd., M.I.Kom yang juga sebagai Kepala Program Studi Produksi Media. “Semoga peran ATVI dalam acara ini dapat memberikan masukan yang berarti bagi pengembangan kurikulum sehingga menghasilkan lulusan yang siap pakai. Saya juga berharap semoga lulusannya ada yang melanjutkan kuliah di ATVI” demikian dikatakan oleh Teguh.

 

Tuesday, July 18, 2023

Mushola Addiniyyah, Peringati 1 Muharam Dengan Lomba Adzan dan Hafiz Quran

Dalam rangka perayaan  tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H, Mushola Addniniya  yang terletak di RW.30 Kp Melati  Depok 2 Tengah menyelenggarakan lomba adzan dan hafiz Quran. Lomba yang diikuti oleh anak anak disekitar lingkungan juga mendapat sambutan hangat dari warga sekitar. Di pagi yang ceria , mushola dipenuhi oleh anak-anak yang bersemangat, didampingi oleh orang tua dan warga sekitar yang mendukung mereka. Mereka telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam adzan dan pembacaan Quran, yang menjadi fokus utama acara ini.




“kami berharap acara ini dapat menumbuhkan kecintaan kepada Qur’an dan mencari kaderisasi untuk muazin di Mushola” demikian dikatakan Jejen Jaelani selaku Ketua RW.30 Kel.Mekarjaya Depok.

Lomba ini terbagi menjadi dua kategori yakni SD dan SMP dengan penilaian  tajwid, adab, dan hapalan dengan juri yang terdiri dari Haya Sofia, Agus Bayhaqi, dan Muhammad Arwan Fathimy.

Dalam suasana yang penuh semangat, lomba adzan dimulai, anak anak dengan penuh keyakinan menirukan panggilan adzan, setiap peserta menunjukan keunikan dan keindahan suara mereka membuat juri terkesima dengan bakat dan upaya peserta yang luar biasa.

baca juga Peluang Berbagai Beasiswa

Tidak hanya lomba adzan, acara ini juga menampilkan lomba pembacaan Quran. Anak-anak dengan penuh kesungguhan membacakan ayat-ayat suci Al-Quran dengan tajwid yang baik. Penghayatan mereka terhadap setiap kata yang mereka baca membuat hati semua orang yang hadir terpukau. Pemenang akan diumumkan seminggu kedepan berbarengan dengan puncak acara.

Tidak hanya lomba, perayaan ini juga diramaikan dengan sambutan yang hangat dari ketua DKM Mushola Agus Bayhaqi. Dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi yang tulus terhadap partisipasi aktif warga dalam memeriahkan acara tersebut. Ia juga menggarisbawahi selain memperingati hari besar Islam lomba ini  diharapkan juga dapat membentuk generasi yang taqwa”.

baca juga Kemeriahan Warga Griya Kencana

Perayaan 1 Muharram di Mushola Addiniyyah Kp Melati telah memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua yang hadir. Semangat dan semaraknya acara ini menjadi inspirasi bagi warga sekitar untuk terus memupuk semangat keagamaan dan pengembangan bakat anak-anak. Dalam keramaian yang dipenuhi kebahagiaan, perayaan ini membawa pesan perdamaian, harapan, dan kebersamaan yang akan terus dikenang dalam ingatan semua orang yang hadir.