Thursday, June 8, 2023

Tips dan Peluang Mendapatkan Beasiswa


Pendidikan berkualitas adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan di dunia saat ini. Namun, seringkali yang  menjadi hambatan bagi banyak individu yang bersemangat untuk mengejar impian akademik mereka adalah masalah biaya. Namun saat ini banyak tersedia berbagai beasiswa yang dapat membantu mewujudkan impian tersebut.

Beasiswa selalu menjadi incaran, baik mereka yang sedang menjalani pendidikan di sekolah maupun di perguruan tinggi. Bahkan terkadang mereka yang sudah luluspun tetap mencari peluang mendapatkan beasiswa dengan harapan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Saat ini banyak lembaga pemerintah maupun swasta yang menyediakan beasiswa baik secara akademik maupun non akademik yang dapat dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu sangat penting bagi pelajar ataupun mahasiswa untuk mengetahui cara mendapatkan beasiswa agar bisa mempersiapkan diri secara maksimal.


baca juga Beasiswa ATVI


Cara Mendapat Beasiswa Kuliah Gratis

Berikut beberapa lembaga beserta websitenya lembaga yang menyediakan beasiswa:

Beasiswa Bidikmisi

Merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

website : https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/


Beasiswa Rumah Zakat

Program pemberian beasiswa disertai kegiatan pembinaan berkala untuk siswa SD, SMP, SMA dan mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Website https://www.rumahzakat.org/l/program-pendidikan/


Djarum Beasiswa Plus

Program Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa prestasi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang tengah menempuh program studi Strata 1/ Diploma 4 di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki kerja sama (bermitra) dengan Djarum Foundation

Website https://djarumbeasiswaplus.org/


Beasiswa Tanoto Foundation

Merupakan program beasiswa yang diinisiasi oleh organisasi filantropi independen di bidang pendidikan. Tanoto Foundation bekerja sama dengan sembilan perguruan tinggi di Indonesia dalam memberi beasiswa S-1 dan S-2. Selain tunjangan studi, penerima beasiswa juga berkesempatan magang di perusahaan mitra, konseling akademis, program.

Website https://www.tanotofoundation.org/id/teladan2023/


Beasiswa Mandiri Peduli Pendidikan

Merupakan beasiswa yang diberikan Bank Mandiri sebagai bentuk CSR. Dalam pelaksanaannya, beasiswa diberikan bekerjasama dengan Universitas dan beberapa instansi antara lain Putera Sampoerna Foundation, Gerakan Nasional Orang Tua Asuh, Pusat Studi Quran, Yayasan Karya Salemba Empat dan lainnya.

Website https://bankmandiri.co.id/en/web/csr/peduli-pendidikan


Beasiswa Akademi Televisi Indonesia (ATVI)

ATVI merupakan lembaga pendidikan di bawah induk perusahaan besar dalam bidang pertelevisian dan media digital, yaitu PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) yang memiliki tiga stasiun TV antara lain: Indosiar, SCTV, dan juga Moji TVTidak  hanya televisi saja, perusahaan ini juga membawahi puluhan perusahaan berbasis platform media digital seperti Vidio.com dan BukaLapak. Saat ini ATVI memiliki dua program studi yakni: D3 Komunikasi Massa (konsentrasi Produksi TV dan Digital Periklanan) dan prodi S1 Terapan Produksi Media

ATVI menyadari bahwa biaya kuliah masih menjadi kendala bagi sebagian besar calon mahasiswa, oleh karena itu  ATVI memiliki komitmen untuk membantu dalam mewujudkan impian mereka melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Untuk itu berbagai beasiswa baik akademik maupun non akademik telah disiapkan untuk diberikan bagi mereka yang ingin berkuliah di ATVI.


baca juga Gelar Sarjana terapan


Berikut adalah berbagai skema beasiswa yang ada di ATVI:

Program Beasiswa bagi Siswa SMA/SMK Berprestasi Akademik

Beasiswa yang berikan kepada pelajar SMA/SMK sederajat yang memiliki prestasi akademik. Beberapa persyaratanpun terbilang cukup mudah, diantaranya:

  • Nilai raport kelas X dan XI rata rata 75-85
  • Jika rata rata nilai 85 maka beasiswa yang diberikan mencapai 40%, sedangkan jika 75 sebesar 30% dan akan diberikan tiap semester sampai wisuda.
  • Saat ini berada di kelas 12 (SMA/SMK berstandar kurikulum nasional) dengan melampirkan Surat keterangan kelas 12 yang dilegalisir
  • Menyerahkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), surat keterangan sehat, bebas buta warna dan bebas narkoba
  • Potongan biaya semester berlaku untuk semua Program Studi
  • Potongan biaya semester berlaku selama 8 (delapan) semester untuk S1 Terapan Program Studi Produksi Media dan 6 (enam) semester untuk D3 Program Studi Komunikasi Massa.
  • Pencapaian selama studi minimum IPS > 3,00.


baca juga tips membuat konten


Program Beasiswa bagi Siswa SMA/SMK Berprestasi Non-Akademik

Beasiswa yang diberikan kepada pelajar SMA/SMK sederajat yang memiliki prestasi non akademik  di bidang IPTEK, Seni Budaya dan Olahraga. Besar beasiswa yang diberikan bagi mereka yang memiliki prestasi di tingkat Nasional sebesar 40%, Provinsi 30%, dan Kabupaten sebesar 20%.

Adapun syarat & ketentuan yang berlaku sebagai berikut:

  • Berprestasi di bidang IPTEK, Seni Budaya dan Olahraga, dibuktikan dengan sertifikat juara serta surat keterangan dari pemerintah daerah dan asosiasi.
  • Saat ini berada di kelas 12 (SMA/SMK berstandar kurikulum nasional) dengan melampirkan Surat keterangan kelas 12 yang dilegalisir
  • Menyerahkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), surat keterangan sehat, bebas buta warna dan bebas narkoba
  • Potongan biaya semester berlaku untuk semua Program Studi
  • Potongan biaya semester berlaku selama 8 (delapan) semester untuk S1 Terapan Program Studi Produksi Media dan 6 (enam) semester untuk D3 Program Studi Komunikasi Massa.


Beasiswa Influencer

Beasiswa Influencer merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang aktif di media sosial. Persyaratannya:

  • Potongan SPP dan biaya semester sebesar 40%
  • Nilai rata-rata rapor minimal 75
  • Tidak ada angka merah (angka di bawah KKM)
  • Saat ini berada di kelas 12 (SMA/SMK berstandar kurikulum nasional) dengan melampirkan Surat keterangan kelas 12 yang dilegalisir
  • Menyerahkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), surat keterangan sehat, bebas buta warna dan bebas narkoba
  • Content Creator aktif di Instagram/Twitter/Tiktok/Youtube
  • Content bersifat edukatif dan positif dengan Subscriber minimal 2.000 untuk Youtube atau minimal 5.000 pengikut untuk Instagram/Twitter/Tiktok (real).
  • Media sosial akan di cek untuk dilakukan verifikasi.
  • Bersedia menjadi influencer dan ambassador ATVI (voluntary).
  • Tidak terikat dengan agensi manapun selama menjadi mahasiswa ATVI.


Program School Partner Benefit

  • Partner sekolah yang membantu proses siswa/teman/saudara/kerabat untuk kuliah di ATVI melalui periode Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang sedang berlangsung akan diberikan benefit setara dengan besaran uang sebesar: Rp 1.000.000/orang.
  • Benefit tersebut akan ditransfer secara resmi ke rekening sekolah yang bersangkutan.
  • Dalam hal ini partner sekolah yang dimaksud diantaranya kepala sekolah, guru atau pihak dari sekolah yang telah bekerjasama dengan ATVI.
  • Benefit diterima setelah mahasiswa baru secara resmi setelah mahasiswa baru melakukan pendaftaran ulang (registrasi ulang) dan melunasi biaya perkuliahan semester 1.
  • Program ini berlaku kelipatan.


Program Beasiswa Keluarga Emtek Group

Beasiswa yang diberikan khusus untuk anggota keluarga besar EMTEK Grup, baik itu anak maupun saudara kandung dari karyawan. * Besar beasiswa yang diberikan cukup besar yakni 40% untuk anak dan 30% untuk saudara kandung selamat kuliah berlangsung sampai lulus.


baca juga Beasiswa EMTEK


Program Beasiswa Keluarga ATVI (Family Get Member / FGM)

Program beasiswa yang diberikan untuk keluarga besar ATVI, baik itu karyawan maupun alumni. Beasiswa yang diberikan dalam bentuk potongan biaya kuliah sebesar 30%-40% sampai lulus.


Program Beasiswa Student Get Students (SGS)

Program beasiswa yang diberikan bagi mahasiswa aktif yang dapat merekomendasikan teman, kolega, keluarga atau saudaranya untuk kuliah di ATVI.


baca juga ATVI bertransformasi


Program Alumni Get Students (AGS)

Program beasiswa yang diberikan bagi alumni  yang dapat merekomendasikan teman, kolega, keluarga atau saudaranya untuk kuliah di ATVI.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mendownload prosedur pendaftaran atau menghubungi Kampus ATVI :

Akademi Televisi Indonesia (ATVI)

Jl. Damai No 11 Daan Mogot, Jakarta Barat 11510

Klik linktr.ee/baakatvi

Download prosedur pendaftaran

www.atvi.ac.id

 





 

 

0 Comments:

Post a Comment