Sunday, February 12, 2023

Sarjana Strata Satu (s1) dan Sarjana Terapan (D4), apa bedanya?

Melanjutkan kuliah merupakan cita-cita yang diidamkan oleh semua pelajar di Indonesia. Perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa tingkatan, mulai diploma, sarjana, magister, doctor, dan seterusnya. Untuk sarjana terbagi menjadi dua gelar, yaitu sarjana murni (S1) dan sarjana terapan (D4).

Meskipun sama sama bergelar sarjana dan kuliahnya selama empat tahun, keduanya jelas memiliki beberapa perbedaan. Ironisnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahu perbedaan tersebut.


baca juga Sarjana Terapan Ilmu Komunikasi

Persamaan Sarjana Strata 1 dan sarjana terapan (D4)

Mengutip Youtube Dirjen Pendidikan Vokasi ada beberapa persamaan, diantaranya:

1.       Berada pada level yang sama yakni kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6.

2.       Keduanya adalah program sarjana

3.       Keduanya ditempuh selama 8 semester.

4.       Keduanya juga memiliki gelar sarjana.

5.       Keduanya juga dapat melanjutkan ke magister (S2).

baca juga Lomba Konten Kreator

Perbedaan Sarjana Strata 1 dan sarjana terapan (D4)

Beberapa perbedaan antara D4 dan S1, di antaranya:

1.       Porsi praktik lebih banyak

Kurikulum sarjana terapan disusun dengan porsi 60% praktik dan 40% teori.  Jadi kalau karakter kalian lebih menyenangi hal-hal yang praktis dan dengan porsi teori yang secukupnya Ya sudah jelas sarjana terapan adalah pilihannya.

2.       Selain ijasah juga mendapatkan sertifikat kompetensi

Selain mendapatkan ijazah ketika lulus dan diwisuda kelak mereka sarjana terapan akan juga mendapatkan atau memiliki beberapa sertifikasi kompetensi di bidang keahlian mereka sesuai bidsang kompetensinya.  Sarjana terapan bukan sekadar menciptakan tukang atau teknisi tetapi lebih pada penciptaan supervisor atau manajer di lapangan.

3.       Syarat kelulusan

Satu syarat wajib kelulusan pendidikan sarjana (S1) adalah skripsi, sedangkan sarjana terapan diwajibkan untuk membuat tugas akhir sebagai syarat kelulusan.

4.       Gelar pendidikan

Jika mahasiswa S1 mendapatkan gelar sesuai dengan program studi atau jurusan yang diambil, misalnya Sarjana Ilmu Komunikasi gelarnya adalah S.I.Kom. Lulusan sarjana terapan juga mendapatkan gelar dengan gelar sarjana terapan (S.Tr) misalnya Sarjana Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar S.Tr.I.Kom atau sarjana ilmu komunikasi terapan.

Mahasiswa D4 juga memperoleh gelar Sarjana, yakni Sarjana Terapan. Penulisan gelarnya juga tergantung dari program studi yang dijalani, misalnya program studi teknik akan menerima gelar Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T).

baca juga Chat GPT yg mengguncang dunia

ATVI membuka Program Sarjana Terapan

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) siap mencetak mahasiswa yang terampil di bidang media digital dan penyiaran. Semula hanya melayani pendidikan vokasi diploma 3 (D3), kini sudah meningkat dengan membuka pendidikan strata satu atau sarjana terapan. Bulan April 2022 ATVI mendapatkan ijin pembukaan program studi Sarjana Terapan Produksi Media. Prodi ini diharapkan mencetak sarjana terapan profesional yang kompeten dibidang media.

Profil lulusan program sarjana Produksi Media adalah kompeten sebagai TV Broadcaster, Content Creator, Media Sosial Influencer, Content Produser, Broadcast Expertise, Pengelola Event, Show Director dan berbagai profesi lain yang dibutuhkan pada era digital.

Untuk mendukung hal tersebut Akademi Televisi Indonesia (ATVI) membangun gedung kampus baru dengan fasilitas lengkap guna menunjang perkuliahan. Semua ini guna menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dalam bidang media digital, broadcast, berwatak cerdas, dan berkarakter mulia.

0 Comments:

Post a Comment