Wednesday, September 7, 2022

7 Tips Untuk Membuat Konten Video Berkualitas Dengan Smartphone

 

Konten video yang baik adalah dimana isinya selalu berisi hal hal baru dan konsisten dengan alurnya. Tujuannya adalah untuk membuat audiens selalu menonton. Tidak dapat dipungkiri bahwa video yang dikerjakan secara profesional dan berkualitas tinggi dapat mengikat penonton sehingga menambah viewer. Namun keterbatasan biaya dan waktu merupakan hambatan yang pada akhirnya kita tidak dapat membuat secara teratur, untuk itu smartphone merupakan salah satu cara mengatasinya.

Teknologi kamera smartphone telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Hasilnya anda dapat merekam video berkualitas tanpa perlu memiliki peralatan yang mahal dan pengetahuan teknis apapun. Kini anda cukup dibelakang layar untuk membuat konten , seperti tanya jawab, tutorial, aktifitas harian atau apapun yang akan membuat audiens tetap terhibur.



Namun, membuat konten yang menarik perhatian audiens tidak sesederhana hanya dengan menekan tombol rec. Melansir situs stadamedia, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mendapatkan hasil maksimal dari rekaman smartphone anda:

1.       Kualitas

Tahukah anda bahwa sebagian smartphone saat ini sudah memiliki kemampuan untuk merekam video dalam resolusi 4K. Bentuk fisik yang semakin kecil dan teknologi yang semakin maju. Meskipun tidak harus membuat dalam 4K, anda harus memastikan bahwa kualitas yang dihasilkan sangat baik. Secara umum semakin baik smartphone tentunya semakin baik kualitas kamera nya. Jangan pernah tergoda untuk menggunakan fungsi zoom, sebagian besar smartphone masih menggunakan zoom digital bukan optikal sehingga dapat mengurasi kualitas video.

 baca juga stabilizer smartphone

2.       Format Lanskap

Sebaiknya hindarkan merekam video dengan format vertikal, kecuali anda memang memiliki tujuan khusus. Aspek rasio standar monitor komputer dan layar televisi adalah 16:9. Oleh karena itu, pastikan untuk merekam dalam format lanskap.



 baca juga aspek rasio

3.       Stabilisasi

Video yang goyang akan membuat kualitas video menjadi kurang baik.  Usahakan selalu menggunakan tripod agar video yang dihasilkan tidak goyang. Jika tidak ada tripod carilah tempat dengan permukaan yang stabil, atau gunakan penopang lain. Jika harus menggunakan tangan , selipkan siku ke samping dan peganglah dengan santai. Ada pemahaman yang salah bahwa tangan yang kuat pasti menghasilkan rekaman yang stabil, padahal harus didukung dengan teknik yang baik.

baca juga stabilizer smartphone

4.       Lighting

Jika anda merekam di dalam ruangan, carilah yang memiliki pencahayaan yang cukup, misalnya dekat jendela.  Usahan sumber cahaya berada di belakang kamera agar tidak menghasilkan gambar yang siluet. Begitu juga saat merekam di luar ruangan pilihlah tempat yang memberikan pencahayaan yang merata dan hindari menempatkan subyek anda langsung di cahaya matahari. Waktu yang terbaik adalah pada saat posisi matahari belum meninggi, sekitar jam 7 – 9 pagi dan sore sore jam 4-5.

 

5.       Audio

Agar mencapai kualitas audio yang baik dalam smartphone anda, pilihlah lokasi yang tidak terlalu ramai dan hindari ruangan yang menimbulkan gema misalnya tembok yang keras. Untuk kualitas yang lebih optimal gunakan mic eksternal dan hubungkan langsung ke smartphone. Saat ini banyak tersedia mic, baik clip on maupun jenis lain dengan harga yang cukup terjangkau dan hasil yang baik.

 

6.       Editing

Meskipun saat ini banyak tersedia berbagai aplikasi editing video untuk smartphone pilihlah aplikasi yang menurut anda paling nyaman. Tidak perlu menggunakan aplikasi dengan biaya yang mahal, mulailah dengan aplikasi yang gratis atau bahkan versi ujicoba jika sudah mahir baru beralih ke yang berbayar. Bereksperimenlah dengan fitur fitur yang ada seperti Cut, Dissolve maupun transisi.

 baca juga 5 aplikasi editing video smartphone

7.       Mengeksport Video

Setelah anda menyempurnakan karya , saatnya untuk mengekspor video dan membagikannya ke berbagai media sosial. Dalam hal format, MP4 sejauh ini merupakan pilihan terbaik karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan kuailitas yang cukup baik.

Jangan lupa untuk terus mencoba dan menghasilkan konten, denganbegitu kita akan mengetahui kekurangan dan terus memperbaikinya.

 baca juga mengubah HP jadi webcam

 

 

 

0 Comments:

Post a Comment