Sunday, September 4, 2022

4 hal yang harus diperhatikan dalam memilih komputer untuk editing

 

Bagi anda yang yang berkecimpung dalam dunia editing video tentunya sangat membutuhkan PC berkinerja tinggi untuk memastikan semua pekerjaan berjalan lancar, aman dan nyaman. Idealnya memang demikian, namun bagaimana jika budget belum mencukupi untuk membeli peralatan tersebut? Anda tetap dapat bekerja dengan menggunakan komputer anda, yang terpenting memenuhi syarat minimum sesuai kebutuhan software editing dan pendukungnya. Spesifikasi minimum harusnya masih dapat digunakan untuk bekerja. Namun, mungkin tidak terlalu nyaman jika digunakan untuk membuat konten dengan kualitas atau resolusi tinggi. Sebaiknya, komputer untuk pekerjaan desain/editing memiliki spesifikasi yang mumpuni.



Melansir videomaker.com sebelum membeli komputer untuk editing sebaiknya kita memahami bagaimana CPU, GPU, RAM, dan penyimapanan bekerjasama untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Berikut faktor faktor yang harus diperhatikan:

1.       Procesor

Otak dari setiap komputer adalah procesor. procesor melakukan semua pekerjaan komputasi dan pemrosesan dalam komputer. Saat ini procesor hadir dengan berbagai konfigurasi, termasuk multiple treads dan core. Beberapa core berarti bahwa satu chip memiliki beberapa unit pusat pemrosesan. Sebuah procesor 6 core, misalnya, memiliki enam unit  pemrosesan dan sistem operasi akan mendeteksi ada  enam core fisik. . Ini memungkinkan sistem yang lebih cepat karena memungkinkan komputer Anda menjalankan banyak program dan tugas secara bersamaan. Procesor multi core adalah komputer yang wajib dimiliki oleh seorang editor.

Mengetahui apa itu procesor, anda harus mempertimbangkan materi apa yang akan anda edit. Jika anda sering mengedit video HD atau bahkan 4K, anda harus memeriksa generasi procesor dan berapa core yang dimilikinya. Misalnya persyaratan minimum produksi HD dalam versi Premiere Pro 2021 adalah Intel generasi ke -6, artinya diperlukan hingga 6 core. Sedangkan untuk video 4K adalah Intel generasi 7 dengan 8 core. Dengan kata lain, banyaknya jumlah core akan menentukan seberapa cepat proses editing, sehingga anda bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat,

 

2.       RAM

Saat ini banyak software editing yang sudah mendukung untuk pekerjaan video resolusi tinggi (HD). Untuk itu kinerja RAM yang tinggi juga meruapakan keharusan agar sistem bisa bekerja secara cepat dan multitasking.

Untuk kebutuhan editing agar nyaman dalam bekerja setidaknya RAM dengan kapasitas 8GB, jika memungkinkan RAM 16 GB bahkan 32 Gb sangat direkomendasikan. Selain kapasistas, RAM dengan sistem Dual Channel juga dapat lebih membantu kinerjanya. Kalau memang tersedia, gunakan modul RAM yang telah mendukung kecepatan tinggi atau memiliki fitur XMP (eXtreme Memory Profile).

 

3.       GPU

Graphics Processing Unit (GPU) atau lebih dikenal dengan nama Kartu grafis, juga menjadi komponen yang harus diperhatikan setelah CPU dan RAM. Sebaiknya menggunakan GPU eksternal, walaupun beberapa komputer memiliki GPU internal yang sudah memadai.

Meskipun Anda mungkin tidak memerlukan kartu grafis khusus untuk menjalankan software editing, Anda akan melihat peningkatan kinerja yang signifikan jika Anda memilikinya. GPU adalah unit pemrosesan terpisah yang dilengkapi dengan RAM-nya yang memproses output video komputer Anda. Anda juga tidak perlu GPU terbaik. Unit Nvidia atau AMD berkualitas dengan VRAM minimal 4 GB direkomendasikan (6 GB atau lebih untuk 4K atau lebih tinggi). Jika anggaran Anda lebih fleksibel, GPU profesional seperti seri NVIDIA Geforce RTX 3080 mungkin bisa menjadi pertimbangan.

 

4.       Penyimpanan

Untuk kenyamanan dalam melakukan pekerjaan editing di[erlukan boot drive yang sangat mumpuni. Penggunaan perangkat penyimpanan jenis SSD tentu tidak boleh dilewatkan. SSD yang memiliki kemampuan akses data yang lebih kencang bisa membuat performa laptop/PC desktop menjadi lebih maksimal. Harapannya, efisiensi dan produktifitas kerja bisa lebih meningkat. Setidaknya anda membutuhkan SSD dengan kapasitas 500GB karena selain untuk kebutuhan Operating sistem, editing video juga membutuhkan ruang penyimpanan yang besar untuk hasilnya. Supaya tidak terganggu sebaiknya ruang penyimpanan OS dan data dibedakan, karena jika terjadi sesuatu dengan OS kita maka data akan bisa diselamatkan.

 

5.       Sistem operasi 64-bit

Jika procesor yang digunakan Intel ataupun AMD, biasanya sistem operasi yang digunakan adalah Windows ataupun Linux. Sistem operasi yang disarankan adalah yang memiliki versi 64-bit. Menggunakan 64-bit memiliki beberapa kelebihan, diantaranya penggunaan RAM yang lebih besar (sampai 192GB), serta lebih cepat dalam memproses data.

0 Comments:

Post a Comment