Saturday, June 4, 2022

Menghindari Penipuan Dengan Cara Mengetahui Pemilik Nomor ponselnya

Anda sering diganggu telepon yang menawari asuransi, menawari kartu kredit, bahkan dihubungi orang dengan niat menipu? Ada satu cara agar kita dapat menghindar atau setidaknya mengetahui siapa yang menghubungi kita dengan menggunakan sebuah aplikasi. Berbagai macam aplikasi serupa tersedia di Google Play Store, namun saya akan coba membahas salah satunya yang bernama GetContact.


GetContact merupakan aplikasi untuk identifikasi nomor telepon sekaligus memblokir panggilan spam. Jadi, apabila ada panggilan nomor asing yang masuk, GetContact akan megindentifikasikan nomor tersebut sesuai database yang dimiliki.

baca juga Cara Mengetahui Lokasi Seseorang

Adapun database tersebut dikumpulkan melalui para penggunanya yang sudah memberikan nama atau tagging pada sebuah nomor atau kontak. Tagging yang diberikan oleh para pengguna dihimpun menjadi database, yang dapat digunakan untuk seluruh pengguna aplikasi.

Muncul nama yang diberikan orang dengan latar merah


Jika sebuah nomor diberi label “spam” atau “penipu” maka apabila nomor tersebut masuk ke panggilan anda, maka secara otomatis nomor tersebut teridentifikasi sebagai spam dan akan muncul tulisan “penipu” atau sesuai tag yang diberikan banyak orang dengan latar warna merah di Hp kita.

Untuk itu menginstal aplikasi ini merupakan salah satu tindakan pencegahan baik yang berniat jahat maupun sekedar menawari sesuatu yang kadang mengganggu.

Tag/nama yang diberikan orang


Cara Instal dan daftar GetContact

Cara mendaftar aplikasi GetContact baik di Android maupun iPhone hamper sama. Hanya saja, tampilannya kemungkinan sedikit berbeda.

Namun, garis besar langkah-langkahnya masih sama. Berikut cara daftar aplikasi GetContact di Android maupun iPhone:

  • Download aplikasi Getcontact di Play Store atau App Store
  • Masuk ke aplikasi klik “Agree & Continue”
  • Klik “Start Now”
  • Klik “Continue”
  • Izinkan Getcontact mengakses telepon dan kontan ponsel Anda
  • Klik “Continue”
  • Log in menggunakan Google, Facebook, atau e-mail Anda
  • Kemudian Anda dapat memverifikasi menggunakan WhatsApp atau Telegram
  • Setelah verifikasi berhasil, kini Anda menggunakan Getcontact untuk mengecek nomor telepon maupun memblokir spam.

Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur, diantaranya “Caller Identification” yang bermanfaat mengidentifikasi nomor tidak dikenal atau tidak ada di kontak kita. Selanjutnya fitur “Security” yang dapat digunakan untuk memblokir nomor yang kita rasa mengganggu. Ada juga fitur “Chat” yang dapat digunakan untuk berkirim pesan. Dan fitur “Tag” yang membantu kita mengetahui nomor ponselnya di simpan dengan nama apa di orang lain.

Semoga bermanfaat

1 comment: