Wednesday, June 1, 2022

Manfaat Credit Title Dalam Sebuah Film/Program TV

Credit Title adalah sebuah apresiasi atau penghargaan untuk seluruh tim yang terlibat langsung dalam proses pembuatan sebuah film atau program TV. Artinya, credit title ini semacam pengakuan atas kerja keras dan ketrampilan setiap kru yang bekerja di belakang layar. Nama beserta jabatannya akan muncul di awal ataupun di akhir sebuah program.

Penempatan title credit film biasanya ada di bagian depan dan akhir film/program TV yang disesuaikan dengan jabatan dan pembuatnya. Tapi, apa sih yang dimaksud dengan Credit Title film? Apa manfaatnya? Apa fungsinya?

Apa sih Credit Title itu?

Dalam sejarahnya, credit title pada film hanya ditampilkan di awal saja yang dikenal dengan istilah opening credit title atau opening credits. Seiring berkembangnya waktu, penggunaan title credit ini diperluas, sehingga title credit pun ditempatkan juga di akhir film, yang agar menarik, sudah disisipkan juga dengan post credit atau end credit.

Di masa lalu, saat film masih direkam menggunakan bahan seluloid, memasukkan credit title tentu akan membuat film makin panjang. Artinya, biaya produksi akan meningkat. Sehingga banyak produser berpendapat tidak perlu menggunakannya karena hanya akan menambah biaya.

Namun di era saat ini dimana bahan baku bukan menjadi masalah yang utama, durasi credit title tidak lagi menjadi masalah bahkan beberapa bisa mencapai lebih dari 5 menit.  Lebih menariknya lagi, untuk menghindari rasa bosan menonton title credit sampai berakhir, sutradara biasanya menempatkan end-credit scene, atau yang juga disebut post-credit scene.

baca juga tahapan-produksi

Bentuk Credit Title

Salah satu hal yang tak kalah pentingnya adalah  memahami pemilihan font dan bentuk sesuai kebutuhan agar tampilannya menarik dan mudah dibaca. Sebenarnya ada dua bentuk credit title, Pertama, biasanya berisikan jabatan maupun nama yang disusun ke bawah. Selain itu ada pula penyusunan jabatannya di sebelah kiri kemudian namanya berada di sebelah kanan. Untuk memilih nama yang paling baik, kamu bisa mendiskusikannya dengan editor dan tim. Maka dari itulah, pilih font dengan warna maupun ukuran yang memiliki tingkat keterbacaan tinggi. Baik itu ketika kamu lihat di PC, TV, screen lebar, maupun smartphone.



Manfaat Credit Title

Secara umum, penggunaan kredit film mempunya beberapa manfaat, diantaranya:

1.       Sebagai tanda baca dari film

Credit title film adalah perpanjangan dari seni pembuatan film. Dan fungsinya sama seperti opening credit, yang mengatur suasana emosional dan nada film. Sehingga tanpa kita sadari credit title menjadi pelengkap atas pengalaman menonton. Artinya, dari sisi penonton, ada perasaan tak lengkap apabila film yang di tontonnya tidak mempunyai kredit akhir macam ini.

2.       Sebagai Penghargaan

Credit title juga merupakan bentuk penghargaan, baik itu yang memiliki ide pembuatan program/film maupun orang orang yang terlibat dalam pembuatannya. Jika diibaratkan sebagai lukisan, maka credit title ini seperti tanda tangan yang membuktikan sebagai pembuatnya. Nama nama yang muncul baik di opening maupun di akhir program merupakan bentuk tanda tangan itu.

 

3.       Bukti atas suatu pekerjaan

Dalam pembuatan sebuah program/film keberadaan credit title sangat penting, karena ini menjadi bukti bahwa seseorang sudah melakukan pekerjaan dan terlibat pada pembuatannya.  Sebagai professional ini juga dapat sebagai bentuk portofolio untuk meningkatkan karir lebih luas.

 baca juga Di balik layar

Susunan Credit Title pada film

§  Sutradara

§  Penulis

§  Produser

§  Produser Eksekutif

§  Pemeran Utama

§  Pemeran Pendukung

§  Produser Pelaksana

§  Penata Kamera

§  Penata Artistik

§  Penyunting Gambar

§  Produser Rekanan

§  Penata Kostum

§  Penata Rias

§  Penata Musik

§  Penata Suara

§  Penata Peran

 

Susunan Credit Title pada Program TV (Program Mama Aa Indosiar)

 

§  Pengarah Produksi

§  Penanggungjawab Produksi

§  Penanggungjawan Operasional Produksi

§  Produser Eksekutif

§  Produser

§  Koordinator Pengarah Acara

§  Pengarah Acara

§  Asisten Produksi

§  Koordinator Kreatif

§  Kreatif

§  Koordinator Pengarah Lapangan

§  Pengarah Lapangan

§  Koordinator Studio

§  Koordinator Penata Kamera

§  Penata Kamera

§  Koordinator Penata Suara

§  Penata Suara

§  Koordinator Penata Cahaya

§  Penata Cahaya

§  Koordinator VTR

§  VTR

§  Koordinator Pengarah Teknik

§  Pengarah Teknik

§  Penanggungjawab Teknik

§  Pemelihara alat

§  IT/EDP

§  Fasilitas

§  Penanggunjawab Artistik

§  Koordinator Set Desain dan Art

§  Koordinator Properti dan Set

§  Penata Set

§  Artistik

§  Property

§  Penata Busana

§  Penata Rias

§  Penata Grafis

§  Penanggungjawab Post Produksi

§  Koodinator Penyunting Gambar

§  Penyunting Gambar

§  Promo On Air

§  Penanggungjawab Penunjang Produksi

§  Koordinator Artis

§  Koordinator Admistrasi

§  Asisten Administrasi

§  Unit

§  Pengemudi

0 Comments:

Post a Comment