Sunday, June 5, 2022

Hack Kamera, salah satu solusi mengatasi limitasi durasi DSLR.

Jika kita kembali ke masa lalu dan bertanya kepada  Joseph Nicephore Niepce ,ilmuwan berkebangsaan Perancis yang pertama kali menyempurnakan penemuan camera. Tujuan utama  membuat camera bukanlah untuk merekam video apalagi dengan durasi yang sangat panjang.

DSLR (dan banyak lagi kamera mirrorless dan kamera digital lainnya) di produksi awalnya memang untuk merekam gambar diam (foto), namun dengan perkembangan teknologi di tambahkan fitur video. Karena hanya sebuah fitur tambahan maka durasi untuk merekam video tidak bisa lama. Jadi jika anda membutuhkan perekaman untuk durasi yang panjang sebaiknya anda menggunakan camcorder.



Namun , bagi anda yang ingin tetap merekam dengan durasi panjang menggunakan camera DSLR dengan beberapa alasan (warna, kedalaman dll), berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan:

1.Maksimalkan Kemampuan Perekaman

Jika anda terbiasa dengan Canon DSLR, anda dapat mengasumsikan bahwa kemampuan perekaman maksimum kamera adalah 30 menit (29 menit 59 detik) sesuai buku petunjuk. Itu adalah waktu maksimal sesuai ketentuan pada DSLR, namun kadang maksimal kamera hanya 12 menit. Ada beberapa alasan  untuk itu, kebanyakan kamera DSLR Canon hanya dapat merekam file 4gb sekaligus (beberapa kamera terkini tetap bisa merekam namun akan membentuk file baru). Dengan catatan bahwa sensor kamera, kecepatan memori dan batere kondisi aman. Cara lain adalah dengan menurunkan kualitas perekaman menjadi SD sehingga waktu perekaman bisa lebih lama.


baca juga Mengapa durasi DSLR dibatasi

2.Hack Kamera Menggunakan Magic Lantern (ML).

Jika anda sudah memaksimalkan kemampuan kamera dengan menu bawaan, anda dapat lebih memaksimalkan  dengan cara meretasnya  menggunakan program tambahan. (Hati hati ada konsekuensi jika di retas menggunakan magic lantern dan firmware pihak ketiga lainnya akan membatalkan garansi kamera tertentu,jadi resiko ditanggung sendiri). Magic Lantern adalah perangkat lunak open source popular yang dapat anda muat ke dalam firmware kamera anda dengan beberapa fitur tambahan. Misalnya: penambahan range ISO, adanya level monitor audio, menu timelapse tambahan dll).


baca juga Belajar fotografi tanpa harus punya dslr

3.Gunakan Lebih Satu Kamera

Jika kedua cara di atas belum memudahkan anda merekam dalam durasi yang panjang. Maka cara ketiga adalah menggunakan lebih dari satu kamera. Saat satu kamera digunakan, anda dapat mempersiapkan kamera lainnya untuk perekaman berikutnya, misalnya mengganti batere, memori dll. Disamping itu dengan menggunakan lebih satu kamera anda akan mendapatkan angle dan type of shot yang bervariasi sehingga memudahkan anda saat editing. Yang harus dipehatikan adalah selalu mengecek dan konsisten dalam hal resolusi, eksposure dan white balance.

baca juga Ebook tentang broadcast



0 Comments:

Post a Comment