Monday, May 2, 2022

Nostagia Lebaran Generasi 90-an

Generasi 80-90 an merupakan generasi yang lahir atau mengalami masa kecil ditahun 80-90 an. Banyak kenangan yang tidak terlupakan pada masa itu, masa dimana belum ada gadget sehingga banyak terjadi interaksi, bermain, menonton tv bareng dan pengalaman lucu lainnya.


Banyak momen momen menarik dan menyenangkan yang tidak akan terlupakan, bahkan sampai saat ini. Tak jarang pula momen tersebut bahkan membuat kita ingin mengulanginya kembali.

Nah salah satu momen yang tidak terlupakan adalah pada saat merayakan lebaran. Apa saja ya pengalaman tersebut, yuk kita bernosgia!

1.       Harap -- harap cemas angpao lebaran

Tradisi saat lebaran yang selalu dinanti adalah saat bagi bagi duit (angpau). Saat kita keliling tetangga atau ketemu saudara biasanya kita selalu berharap dapat saweran. Kita akan semangat mengunjungi rumah untukberlebaran dan bersalaman. Berharap saat hendak pamit dan selesai cium tangan, akan diberikan duit. Walaupun ada perasaan was was kira kira dikasih tidak ya..hehe


2.       Membandingkan isi angpau

Hayoo siapa dulu yang suka membandingkan jumlah saweran yang didapat. Setelah selesai keliling bersalaman biasanya kita akan menghitung jumlah yang didapat. Terkadang kita akan membandingkan dengan adik, kakak, atau teman karena jumlah yang diberikan biasanya tidak selalu sama.

3.       Membeli mainan kesukaan

Setelah kita menghitung jumlah pemberian hasil dari keliling bersalaman, biasanya kita akan langsung ke toko mainan untuk membeli mainan kesukaan. Biasanya orang tua tidak pernah melarang untuk membeli apapun, sehingga merupakan kesempatan membeli apapun.


4.       Mencoba Pakaian Baru

Lebaran menjadi momen bagi keluarga untuk membeli pakaian baru. Di penghujung Ramadan biasanya orang tua akan mengajak pergi ke toko pakaian untuk membelinya. Betapa senang hati kita dibelikan pakaian baru lengkap dengan celana dan sepatunya. Saat tiba lebaran biasanya kita akan berkeliling mengunjungi saudara dengan mengenakan pakaian baru tersebut.


5.       Menanti Kartu Lebaran lewat pak pos

Generasi 90 an menikmati masa kecil tanpa internet, sehingga komunikasi dilakukan secara konvensional. Saat lebaran biasanya mengirim ucapan menggunakan kartu yang dikirim melalui pos. Setiap saat menunggu pak pos mengantar kartu ucapan, sambil harap harap cemas mudah mudahan diantaranya dari pujaan hati alias pacar.


 Nah kira kira pengalaman mana yang pernah anda alami? Atau bahkan ada pengalaman lain yang lebih menarik? Silahkan tulis dikolom komentar

0 Comments:

Post a Comment