Thursday, May 5, 2022

Ingat ! Besok anda sudah tidak dapat menonton TV

Berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, migrasi dari TV analog ke TV digital dilakukan dalam tiga tahap, yakni 30 April, 25 Agustus, dan 2 November 2022.

Berhentinya siaran TV analog ke TV digital atau  sering disebut Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 sudah dilakukan pada 30 April 2022, dimulai dari empat wilayah siaran di delapan kabupaten/kota. Sehingga beberapa wilayah tersebut hanya dapat menikmati siaran tv digital saja menggunakan Set Top Box (STB) bagi yang tidak memiliki tv digital. Set top box adalah sebuah alat yang dapat menangkap sinyal siaran digital. Jenisnya ada beberapa yakni DVB-T2, DVB-C, DVB-S, dan DVB-IPTV. Sedangkan di Indonesia menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital.
Namun jangan takut, masyarakat bisa menonton siaran TV digital tanpa menggunakan Set Top Box (STB), begini caranya:

·     Membeli Televisi Yang Memiliki Fitur DVB T2

Jika anda memang telah berniat untuk membeli televisi baru sebaiknya memilih yang memiliki fitur DTV (DVB T2) sehingga dapat langsung digunakan untuk menangkap siaran tv digital. 


baca juga  ebook camera, editing, penyutradaraan, fotografi

Namun jika anda sudah memiliki dan ingin memastikan apakah televisi anda sudah mendukung fitur digital atau belum, dapat mengunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/ kemudian ikuti langkah berikut:

a)       Pilih  menu perangkat TV digital di bagian atas layar

b)      Klik “ Pilih Kategori “

c)       Akan muncul tiga pilihan kategori yakni nama perangkat, merek, dan model/tipe.

d)      Pilih kategori “ Televisi” pada bagian perangkat.

e)      Tuliskan “Merk dan Type Televisi” yang anda miliki.

f)      Jika televisi anda telah mendukung maka akan langsung terdetek sesuai merk dan type televisinya.

 

·     Anda Yang Telah Memiliki Smart TV

Perangkat ini dikenal juga sebagai internet TV dan tidak memerlukan set top box untuk menangkap siaran TV digital. Anda sudah dapat menonton siaran televisi dan film pada situs streaming melalui Smart TV. Namun untuk dapat menikmatinya anda harus terhubung ke internet.


·     Android TV

TV android dan smart TV keduanya sangat mirip, Anda bahkan dapat mengatakan bahwa TV android pada kenyataannya adalah jenis Smart TV. Perbedaan keduanya yakni jika Android TV telah memiliki system operasi berbasis Android seperti yang ada di smartphone. Sehingga televisi ini dapat mengunduh berbagai aplikasi melalui play store, dan dapat menonton siaran televisi.





0 Comments:

Post a Comment