Saturday, April 30, 2022

Bulan Agustus 2022 Jabodetabek Tidak Dapat Menonton Siaran TV Analog

Penghentian siaran analog (bahasa Inggris: analogue switch-off, disingkat ASO), disebut juga dengan penutupan siaran analog (analogue sign-off), transisi televisi digital, peralihan ke siaran digital, digitalisasi televisi atau migrasi digital adalah suatu proses di mana teknologi penyiaran televisi analog dikonversi ke dan digantikan oleh televisi digital. Program ini akan dilakukan secara bertahap dengan jumlah tiga tahap dan dimulai pada 30 April 2022 dan berakhir 2 November 2022 mendatang.



Jabodetabek bakal masuk dalam tahap kedua migrasi TV analog ke digital yang bakal digelar 25 Agustus. Daerah ini sendiri terdiri dari 14 wilayah administrasi yakni Kabupaten Kepulauan Seribu, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kabupaten Bekasi,Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang,Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.Sehingga mulai 25 Agustus 2022 nanti anda yang berada di wilayah tersebut  sudah tidak dapat menonton siaran tv analog.

Baca juga butuh E book tentang televisi

Bagaimana Cara Menikmati Siaran TV Digital?

Agar kita dapat menikmati siaran tv digital, anda cukup memindai/scan ulang televsinya. Jika pesawat televisi anda sudahg dilengkapi penerima siaran TV Digital, secara otomatis akan langsung mencari saluran tv dan kemudian menyimpannya. Yang harus dipahami tidak semua pesawat televisi dapat menangkap siaran TV digital di Indonesia, meskipun pesawat televisi anda sudah layar datar dengan LCD, LED, bahkan OLED. Kamu harus meastikan bahwa televisinya sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2.

Jika televisi di rumah hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka perlu memasang dekoder Set Top Box (STB) untuk menerima sinyal digital. Set Top Box akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi dirumahmu adalah televisi untuk siaran analog.

Set Top Box ini tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi UHF-VHF dan gratis. Setelah perangkat televisi tersambung, pilih opsi Pengaturan/Setting kemudian pilih auto scan untuk memindai program-program siaran televisi digital. Harga STB ini sangat terjangkau antara 200-300rb usahakan memilih Merk STB yang sudah mendapat sertifikasi dari Kominfo. Adapun tanda khusus dalam kemasan Set Top Box (STB) tersebut, seperti, tulisan DVB-T2, tulisan “Siap Digital”, serta gambar Modi.

Keuntungan Siaran TV Digital

Menurut  Kominfo setidaknya ada dua keuntungan. Keuntungan pertama tentunya dari segi kualitas, jadi untuk siaran TV digital ini kualitas gambar yang sangat jelas, suara jernih, dan teknologi canggih. Kedua, banyaknya program siaran yang lebih berkualitas dan bermutu buat masyarakat

Sementara menurut Ciptono  Setyobud selaku Wakil Direktur  1 dalam kanal Teras LPPM ATVI mengatakan pada prinsipnya di masyarakat tidak mengalami perubahan. Apa yang ditonton saat ini gratis akan tetap gratis atau istilahnya free to air, tetapi kualitas gambar yang lebih jernih dan teknologi canggih, memungkinkan interaktif juga ke depannya dan yang pasti gratis dan aman.

baca juga Aplikasi Edit Untuk Konten Kreator

Bagi masyarakat akan mendapatkan banyak manfaat, disamping tontonan tayangan dengan kualitas yang bersih dengan teknologi cangih, juga akan mendapatkan banyak pilihan channel hiburan dan informasi dan mudah dalam mengakses dimanapun dan kapan pun selama di dalam coverage area yang terdapat sinyal digital televisi secara terestrial.

Secara institusi, akan berkembang banyak kanal tv baru, sehingga memungkinkan para pengelola stasiun televisi membuat kanal-kanal televisi yang lebih spesifik dan tersegmentasi. Misal kanal untuk televisi anak-anak, rohani, olahraga, musik dan lain-lain. Dari sini nanti akan berkembang atau tumbuh content–content creator baru , sehingga akan tumbuh juga keperluan sumber daya manusia (SDM).

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Berikut ini adalah cara setting TV digital agar bisa menonton dengan lancar melalui antena biasa:

1.       Pastikan Daerah Anda Sudah Masuk Siaran TV Digital.

Jika ingin mengecek apakah daerah anda sudah mendapatkan siaran TV digital, ada du acara yang dapat anda lakukan, pertama cek melalui situs https://siarandigital.kominfo.go.id/ atau dengan mengunduk aplikasi sinyal TV digital di Google Play Store.

2.       Memiliki Antena

Antena tv analog anda yang lama masih dapat digunakan juga untuk menangkap siaran tv digital.

3.       Memiliki Perangkat Set Top Box (STB)

Walaupun Pemerintah dalam hal ini Kominfo akan memberikan perangkat STB secara gratis namun bisa jadi anda bukan termasuk salah satu yang mendapatkannya. Maka anda harus membelinya melalui berbagai took offline maupun online.

4.       Hubungkan STB ke televisi

Jika tv anda model tabung maka gunakan kabel dengan warna putih, mereah dan kuning untuk dihubungkan ke televisi. Jika televisi anda sudah layar datar umumnya menggunakan kabel HDMI.



5.       Cari Siaran TV Digital

Selanjutnya, saat TV sudah terhubung dengan set top box, hidupkan perangkat STB tersebut. Lalu, cari menu AV di TV dan pilih opsi Pengaturan atau Setting. Kemudian, lanjutkan dengan pilih "Auto scan" untuk memindai program siaran TV Digital.

0 Comments:

Post a Comment