Monday, April 18, 2022

Lulusan Teknologi Pendidikan, Kok Kerjanya di TV ?

Seringkali orang mempertanyakan kenapa aku yang lulusan IKIP (sekarang UNJ) kok bisa berprofesi sebagai cameraman dan bekerja di stasiun televisi. Mengapa tidak berprofesi sebagai guru. Dalam benak orang banyak mendengar kata IKIP memang selalu identik dengan guru. Sesuai kepanjangannya IKIP adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memang sebagian besar lulusannya bekerja dalam bidang kependidikan bukan hanya guru.


Aku merupakan salah satu alumni IKIP angkatan 1990 dengan prodi teknologi pendidikan, saat itu jurusannya masih bernama Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, dengan dua prodi kurikulum dan teknologi pendidikan walaupun akhirnya dilebur jadi satu. Banyak yang tidak tahu kenapa lulusan Teknologi Pendidikan (TP) banyak yang bekerja di stasiun televisi, apa saja sih yang dipelajari?

baca juga D4 dan S1 apa sih bedanya?

Oke kita bahas sedikit, Teknologi Pendidikan adalah sebuah jurusan kuliah di mana kita belajar tentang pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan. Bagaimana kita memanfaatkan teknologi sebagai sumber dan media pembelajaran. Era pandemic seperti saat ini dimana proses belajar tidak bisa bertatap muka maka peran teknologi menjadi sangat penting, bagaimana membuat suasana belajar tetap menarik dan materi tersampaikan dengan baik. Disinilah peran seorang lulusan Teknologi Pendidikan untuk menjadi seorang Inovator dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Jadi di jurusan ini kita dituntut untuk kreatif dalam memberikan inovasi dalam pendidikan, bisa melalui kurikulum, sumber belajar ataupun metode pembelajaran yang menyenangkan dan efisien. Mata kuliah yang diberikan juga tidak hanya teori tapi juga tentang keahlian. Inilah mata kuliah yang sangat saya sukai karena lebih banyak praktikum dan bereksperimen dengan kreatifitas kita. Mata kuliah yang mengasah ketrampilan berbagai hal terutama yang berhubungan dengan teknologi, seperti Fotografi, Sinematografi, media pembelajaran serta multi media.

baca juga Menjadi sahabat bagi anak didik

Jadi udah paham kan? Bahwa lulusan Teknologi Pendidikan juga bisa berkiprah di semua bidang. Teman teman satu angkatan saya yang pria nya banyak berkiprah di dunia broadcast, walaupun ada juga yang menjadi pengembang media pembelajaran baik di dunia pendidikan formal maupun di lembaga pelatihan, sebagian juga ada yang mengabdi sebagai guru.

Untuk itu BANGGALAH SEBAGAI ALUMNI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

0 Comments:

Post a Comment