Wednesday, March 23, 2022

Stabilizer Camera, perangkat wajib agar gambar stabil

Stabiliser kamera yang biasa dipakai dalam pengambilan gambar agar gambar yang dihasilkan tidak goyang ternyata beragam. Masing masing jenis memiliki fungsi yang berbeda dan anda harus mengenalnya . Ada tiga jenis stabilizer yng umum, yaitu: handheld stabilizer, Gimbal 3 AXIS, dan Vest stabilizer.

a.       Handheld Stabiliser

Handheld camera stabilizer adalah perangkat yang berfungsi untuk mempermudah pengambilan gambar maupun video. Dengan menggunakan perangkat ini ketika merekam, cameraman tidak akan khawatir hasil videonya  akan goyang meskipun sambil berjalan.



Jenis stabiliser ini bentuknya sederhana dan harganya cukup murah. Kamera akan diletakan di bagian atas atau di bawahnya agar lebih mudah digerakan supaya hasil rekamannya sempurna. Yang perlu diperhatikan adalah berat kameranya, karena tiap perangkat memiliki ukuran beban yang berbeda.

 

b.       Gimbal 3 AXIS (3 sumbu)

Gimbal adalah sebuah perangkat atau sistem yang dilengkapi dengan motor dan sensor untuk mencegah getaran dan memungkinkan pengguna menggerakkan, memiringkan, ataupun memutar kamera digitalnya ketika mengambil gambar atau merekam video. 

Penggunaan 3 sumbu/axis (Yaw, Pitch, Roll) merupakan salah satu komponen utama dalam aplikasi alat Gimbal ini. Motor servo brushless yang dipasang pada sumbu pitch bertujuan untuk mengurangi getaran dari pergerakan atas-bawah terhadap lensa kamera. Getaran dari arah kiri-kanan akan diantisipasi oleh motor pada sumbu yaw, dan pergerakan berputar yang tidak diinginkan dari sisi satu ke sisi lainnya akan dikurangi oleh motor servo sumbu roll.

Gimbal 3-sumbu bermotor sangat membantu untuk mengotomatiskan proses penyesuaian kamera, tetapi perlu diingat bahwa gimbal 3-sumbu bermotor perlu terus diisi dayanya.

Baca juga : Memilih Kamera Video

c.       Vest Stabiliser

Vest Stabilizer adalah sistem penstabil kamera berbentuk rompi (Gold Mount-Lock Battery Mount) yang dapat memuat beban 2.3 kg hingga 8 kg. Vest stabiliser  sesuai namanya vest yang berarti rompi memang bentuknya seperti rompi yang dipakai operator. Stabiliser ini  menggabungkan cukup banyak elemen menjadi satu namun komponen utamanya adalah rompi yang akan dipakai oleh operator. Rompi ini akan tersambung dengan gimbal dan beberapa alat penstabil lain yang menjadi satu dengan kamera.


Berat dari alat ini bisa sampai 25-30 kg dan digunakan untuk pengambilan gambar dari film layar lebar yang membutuhkan stabilitas tinggi. Penyeimbang ini biasanya dipakai oleh juru pengambil video secara bergantian karena alat yang berat bisa menurunkan stabilitasnya.

0 Comments:

Post a Comment