Sunday, February 27, 2022

VODCAST bukan Podcast, istilah podcast yang berubah makna.

Istilah Podcast dipopulerkan oleh seorang jurnalis The Guardian bernama Ben Hammersley pada tahun 2004, yang merupakan gabungan dari kata  “ Play On Demand” dengan “ Broadcast” di singkat Podcast. Kemudian oleh perusahaan Apple di adopsi pada produknya Ipod dan Apple Broadcast.

Jadi sejatinya Podcast itu adalah dalam bentuk Audio yang disimpan di internet dan dapat didengarkan langsung atau di unduk dan didengarkan kemudian. Kontennya hanya berupa suara/voice.  Podcaster –bisa disebut host– berbicara sendiri (monolog) layaknya “pidato” atau ceramah, berbicara berdua dalam bentuk wawancara (interview), atau obrolan (conversation). Platform yang di gunakan biasanya Spotify, Anchor dan Google Podcast.



Belakangan karena Youtube  lebih banyak peminatnya dan juga dapat di monetisasi maka banyak podcaster yang “ memvideokan” podcastnya untuk kemudian di upload di Youtube. Banyaknya Youtuber yang membuat video berisi podcast, maka banyak orang salah paham tentang podcast. Padahal, podcast adalah audio yang hanya bisa didengarkan.

baca juga Digital content creator, profesi yang menjanjikan

Sedangkan podcast dalam format video seperti banyak di Youtube itu disebut vodcast dan proses pembuatannya disebut vodcasting. Dengan kata lain, video yang kontennya berupa monolog, wawancara, atau obrolan layaknya sebuah podcast adalah video podcast, bukan podcast.

Istilah Vodcast berasal dari kata Video Podcast, yakni sebuah video yang berisi podcasting. Vodcasting adalah membuat video podcast atau memvideokan podcast. Vodcast bisa juga diartikan sebagai podcast yang bentuknya adalah video. Istilah vodcast vodcas berasal dari kata gabungan kata “video” dan “podcast” .Istilah vodcast ini kadang ada juga yang menyebutnya vidcast (video podcast).

baca juga tips mendapatkan beasiswa

Kenyataannya sekarang ini istilah Vodcast tidak dikenal yang ada adalah Podcast. Dalam satu tahun belakangan makna “podcast” berubah menjadi “ Talkshow yang direkam untuk Youtube”. Vodcast (a podcast with video content), adalah istilah yang lebih tepat untuk versi Youtube itu.

0 Comments:

Post a Comment