Tuesday, February 1, 2022

Tips Agar Live Streaming Dengan OBS Lancar

 

OBS atau open broadcaster software adalah sebuah perangkat lunak yang dapat meningkatkan kualitas video saat live di berbagai platform. Software ini bersifat open source sehingga banyak fitur fitur terbaru yang selalu dibuat oleh para developernya.

Aplikasi ini tersedia dalam beberapa versi mulai dari Windows, macOS hingga Linux. OBS Studio cukup ringan saat digunakan sehingga tidak membutuhkan laptop maupun PC dengan spesifikasi tinggi. Software OBS ini memberikan banyak manfaat, anda bisa melakukan berbagai hal pada saat melakukan live streaming. Seperti menambahkan gambar, suara hingga mengatur peletakan objek dan menambahkan berbagai frame agar tampilannya lebih menarik


Biasanya orang orang menggunakan OBS ini ada yang hanya sekedar merekam layar juga untuk melakukan streaming baik itu Youtube, Instagram , Facebook dan media social lain. Banyak software streaming macam OBS, tapi OBS Studio memiliki fitur yang lengkap dan menarik maka tak jarang jika OBS Studio banyak digunakan oleh orang.

Tentunya agar saat menggunakan OBS berjalan lancar maka ada beberapa hal yang harus dipenuhi , terutama terkait dengan spesifikasi teknis . OBS memang bisa digunakan dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi namun pada saat kita menginginkan output streaming  yang maksimal maka minimum teknisnya harus kita penuhi bahkan di atas itu akan lebih baik.

Spesifikasi Komputer Untuk OBS Studio

1.    Operating System

Untuk yang menggunakan Windows minimal Windows 7 atau yang lebih baru (win 8, win 10 dan win 11) dengan Direct X  minimal versi 10.1. Sedangkan pengguna Mac OS minimal versi 10.13 atau lebih baru.

2.    Spesifikasi VGA

Hardware ini memiliki peran yang penting dalam mengencode video saat melakukan streaming. Sehingga kualitas vga lebih tinggi akan lebih baik sehingga proses streaming akan berjalan lancer. Menurut OBS minimum spesifikasi yang dibutuhkan  adalah minimal Geforce seri 600 dan di atasnya

3.    Chipset dan Processor

Sampai detik ini banyak spekulasi mengenai spesifikasi yang cocok untuk mengoperasikan versi OBS Studio terbaru. Maka dari itu, ada versi chipset dan processor dari dua tipe yakni AMD dan Intel. Dua versi tersebut masih dikatakan cukup akurat untuk mengoperasikan aplikasi OBS Studio ini dengan maksimal. Bagi pengguna AMD perlu menyediakan spesifikasi versi FX di atasnya. Kemampuan dasar chipset dan processor dari AMD lebih banyak dikenali sebagai pilihan tepat karena performanya lebih stabil. Selain itu tipe Intel HD juga harus tersedia dari versi 2000 ke atas (Core –i- series 2xxx)

4.    Kapasitas RAM Lebih Besar

Sebenarnya kapasitas RAM yang disarankan adalah di atas 4GB, namun akan lebih nyaman bila Anda memakai kapasitas RAM lebih tinggi guna melihat seperti apa performa dari semua kemampuan RAM yang sekarang dipakai untuk proses editing. 

Secara umum kapasitas RAM lebih besar diharapkan bisa terus dipakai untuk mempercepat proses editing secara online. Hal inilah membuat konsep dari penggunaan RAM masih terus diperhitungkan dengan segala keunggulannya. 

5.    Kapasitas Hardisk

Kapasitas hardisk masih menjadi pilihan alternatif bagi pengguna OBS Studio. Akan lebih maksimal dalam menyimpan semua hasil editing Anda ketika kapasitas ROM bisa lebih besar sampai 160GB ke atas. Akan lebih baik jika menggunakan penyimpan jenis SSD karena akan meningkatkan akses baca dan tulis data.

3. Koneksi Internet Stabil

Tidak hanya dari standar hardware dan software saja untuk bisa mendapatkan akses software OBS Studio dengan cepat. Bagi pengguna OBS Studio ini masih membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi akan mempermudah proses streaming. Memang kebutuhan pasti internet akan tergantung banyak hal, diantaranya resolusi video, bitrate, dan fps.  

Yang perlu dipahami bahwa kecepatan internet yang kita butuhkan bukan hanya download tapi juga Upload. Untuk live-streaming kita perlu Upload lebih daripada Download. Jadi pastikan dahulu ISP Anda berapakah kecepatan Upload-nya? Seringkali ISP memberikan kecepatan Download lebih daripada Upload, misal Download 20 Mbps tapi Upload hanya 4 Mbps bahkan kurang.

0 Comments:

Post a Comment