Saturday, February 26, 2022

S1 dan D4, apa sih bedanya ?

 

Program strata-1 (S-1) dan sarjana terapan atau diploma (D4) adalah dua program yang menjadi pilihan bagi mereka yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang sarjana. Program S1 maupun D4 sama-sama ditempuh selama empat tahun dan mendapat gelar akademik. Namur gelar untuk D4 umumnya disebut S. Tr. atau sarjana terapan, sedangkan untuk S1 diawali S atau sarjana.


Dikutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Ditjen Vokasi Kemendikbudristek di @diktivokasi, menyebut program D4 setara dengan S1, namun lulusannya tentu saja akan berbeda. Menurut UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, program Sarjana (S1) merupakan pendidikan akademik yang menyiapkan mahasiswa menjadi intelektual.

Atau menyiapkan menjadi ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan atau menciptakan lapangan kerja serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional. Sedangkan program diploma empat (D4) merupakan pendidikan vokasi yang menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan keahliannya.

Sementara menurut Permendikbud No 3/2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, program S1 dan D4 sama-sama memiliki masa belajar paling lama 7 tahun dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 44 SKS. Namun program S1 dan D4 dirancang dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang berbeda sehingga kompetensi maupun keterampilan yang dihasilkan berbeda.

Perbedaan S1 dan D4

Merangkum dari Rencanamu.id, S1 menitikberatkan pada teori ketimbang praktik dengan komposisi 60 persen teori dan 40 persen praktik. Sebaliknya, D4 justru memiliki komposisi praktik sebesar 60 persen dan teori sebesar 40 persen.

Di akhir kuliah mahasiswa S1 dan D4 juga memiliki perbedaan, kalua S1 biasanya harus menyusun skripsi sebagai tugas akhir tapi kalua D4 tugas akhir yang diberikan berupa kerja praktek dan menyusun laporan dari hasil kerja praktek tersebut.

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang akan bertransformasi dari program studi Diploma 3 menjadi sarjana terapan (D4). Program D4 difokuskan pada bidang produksi konten media digital. Peluang untuk mendapatkan kerja dengan kuliah di ATVI sangat tinggi. Di ATVI kamu tak hanya belajar tentang program TV, production house, jurnalis, tapi lebih lanjut akan ke sosial media. Hal inilah yang membuat peluang kerja lebih luas.

0 Comments:

Post a Comment