Sunday, February 27, 2022

VODCAST bukan Podcast, istilah podcast yang berubah makna.

Istilah Podcast dipopulerkan oleh seorang jurnalis The Guardian bernama Ben Hammersley pada tahun 2004, yang merupakan gabungan dari kata  “ Play On Demand” dengan “ Broadcast” di singkat Podcast. Kemudian oleh perusahaan Apple di adopsi pada produknya Ipod dan Apple Broadcast.

Jadi sejatinya Podcast itu adalah dalam bentuk Audio yang disimpan di internet dan dapat didengarkan langsung atau di unduk dan didengarkan kemudian. Kontennya hanya berupa suara/voice.  Podcaster –bisa disebut host– berbicara sendiri (monolog) layaknya “pidato” atau ceramah, berbicara berdua dalam bentuk wawancara (interview), atau obrolan (conversation). Platform yang di gunakan biasanya Spotify, Anchor dan Google Podcast.


Saturday, February 26, 2022

S1 dan D4, apa sih bedanya ?

 

Program strata-1 (S-1) dan sarjana terapan atau diploma (D4) adalah dua program yang menjadi pilihan bagi mereka yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang sarjana. Program S1 maupun D4 sama-sama ditempuh selama empat tahun dan mendapat gelar akademik. Namur gelar untuk D4 umumnya disebut S. Tr. atau sarjana terapan, sedangkan untuk S1 diawali S atau sarjana.


Tuesday, February 1, 2022

Tips Agar Live Streaming Dengan OBS Lancar

 

OBS atau open broadcaster software adalah sebuah perangkat lunak yang dapat meningkatkan kualitas video saat live di berbagai platform. Software ini bersifat open source sehingga banyak fitur fitur terbaru yang selalu dibuat oleh para developernya.

Aplikasi ini tersedia dalam beberapa versi mulai dari Windows, macOS hingga Linux. OBS Studio cukup ringan saat digunakan sehingga tidak membutuhkan laptop maupun PC dengan spesifikasi tinggi. Software OBS ini memberikan banyak manfaat, anda bisa melakukan berbagai hal pada saat melakukan live streaming. Seperti menambahkan gambar, suara hingga mengatur peletakan objek dan menambahkan berbagai frame agar tampilannya lebih menarik