Saturday, January 15, 2022

Narasumber "Workshop Membuat Konten Video Menggunakan Smartphone"

 

Teknologi Kian Berkembang, Video Mudahkan Pegiat Literasi Sampaikan Pesan


Berkembangnya dunia teknologi, termasuk smartphone, menjadikan orang-orang semakin kreatif. Kini, banyak orang yang berkreasi membuat konten-konten video termasuk para pemula di masa pandemi.

Hal ini diungkapkan Teguh Setiawan, dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI), dalam workshop "Berkreasi Membuat Konten Video Menggunakan Smarphone: Tetap Kreatif di Masa Pandemi Bersama Komunitas Literasi".

Workshop virtual tersebut diselenggarakan oleh atas kerja sama Forum Taman Bacaan Msyarakat (TBM) yang menaungi kegiatan literasi atau wadah TBM di Jakarta, TBM Bukit Duri Bercerita, dan ATVI. Acara dipandu Safrudiningsih, dosen ATVI yang juga pendiri TBM Bukit Duri Bercerita.

"Saat ini membuat konten merupakan kegiatan yang dilakukan banyak orang. Konten yang dihasilkan sangat variatif, dari kegiatan sehari-hari, hobby, traveling bahkan konten yang sengaja dibuat untuk komersil. Untuk membuat konten tersebut tidak perlu memiliki peralatan yang sangat mahal, cukup dengan smartphone," ujar Teguh

Kecanggihan fitur yang ada dalam gadget, tentu sudah sangat memudahkan orang-orang yang ingin membuat video-video. "Apalagi fitur smartphone saat ini sudah semakin mumpuni dengan resolusi yang tinggi, fitur stabilizer dan dukungan aksesoris yang banyak,” ujarnya.

Dijelaskan, tentunya dalam membuat sebuah video yang apik tidak hanya mengandalkan kecanggihan teknologi, tapi juga diperlukan teknik.

“Penguasaan bagaimana memegang smartphone agar video tidak goyang, kemampuan mengatur komposisi dan kemampuan memahami pengaturan pada smartphone merupakan hal yang harus dikuasai,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, lewat video, pesan-pesan yang akan disampaikan oleh para pegiat literasi akan lebih mudah tersampaikan.

"Untuk penggiat literasi akan lebih mudah menyampaikan pesan dan menyebarluaskan kegiatan dengan mengupload video melalui media sosial," ujar Teguh

Link Berita

0 Comments:

Post a Comment