Saturday, January 15, 2022

Kamera Terbaik Untuk Video Live Streaming

Platform apapun yang akan anda gunakan untuk melakukan live streaming, kamera merupakan salah satu peralatan yang mendukung kualitas gambar menjadi baik. Saat ini kebutuhan akan kamera yang terbaik banyak dibutuhkan terutama dengan semakin banyaknya orang membuat konten Video blogger (Vlog). Sehingga banyak orang membeli kamera untuk kebutuhan vlognya. Permintaan kamera untuk streamingpun saat ini juga melonjak, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini.

Tentunya sebagian besar menginginkan kamera yang digunakan dapat memberikan gambar yang jernih dan detil gambar yang baik. Ini diluar kemampuan kamera smartphone yang saat ini juga banyak digunakan untuk streaming namun memiliki keterbatasan dalam hal audio dan jaringan.

Jadi apa kamera terbaik yang dapat digunakan untuk live streaming?

JENIS KAMERA UNTUK LIVE STREAMING

WEBCAM


Webcam adalah salah satu kamera yang banyak digunakan untuk streaming, selain harganya terjangkau webcam juga sangat mudah penggunaannya. Webcam ini sangat cocok digunakan untuk live streaming seperti live video chat, streaming video game, atau streaming lainnya yang tidak mengharuskan anda beranjak dari kursi.

Walaupun webcam internal pada laptop anda sudah memadai sebaiknya menggunakan webcam eksternal yang menawarkan resolusi video setidaknya di 720p bahkan 1080p. Umumnya webcam eksternal ini sudah memiliki microfon built in, sehingga bisa langsung dihubungkan ke laptop/computer anda. Jika menginginkan kualitas audio yang lebih baik  anda dapat membeli headset dan microfon yang terpisah.

DSLR ATAU MIRROLESS



Menggunakan kamera DSLR menawarkan kualitas video yang sangat baik walau dalam kondisi low light sekalipun. Jika anda menginginkan kualitas gambar setara DSLR namun dengan fisik yang lebih ringkas, anda dapat menggunakan kamera mirroless untuk streaming.

Kamera DSLR maupun mirrorless yang akan anda gunakan pastikan sudah mendukung perekaman dengan durasi lebih lama dan koneksi output Clean HDMI. Dengan Clean HDMI output video yang dihasilkan hanya video saja tanpa ada tampilan lain seperti di viewfinder.

CAMCORDER



Berbeda dengan DSLR dan mirroless, camcorder diproduksi memang untuk merekam video sehingga menjadi pilihan utama sebagian besar orang untuk live streaming. Camcorder memiliki kelebihan diantaranya mudah digunakan dan  desainnya yang ergonomis menjadikan sangat nyaman handlingnya. Untuk streaming dengan durasi lama camcorder sangat di andalkan. Sebagian besar camcorder sudah memiliki fitur output Clean HDMI.

Para konten kreator sangat memahami pentingnya memiliki kamera yang tepat. Baik itu mengambil gambar produk, memunculkan wajah host untuk berinteraksi dengan audiens, atau menunjukan setiap detil dari sebuah tutorial. Menggunakan kamera dengan kualitas baik tentunya membuat konten yang dihasilkan terlihat lebih sempurna.

Menemukan kamera yang tepat sangat bergantung pada jenis konten yang ingin anda bagikan. Jika anda saat live streaming lebih banyak bergerak maka berat dan ukuran kamera harus menjadi prioritas, namun jika anda hanya mementingkan kualitas gambar, maka resolusilah yang harus anda tentukan.

Berikut adalah beberapa fitur yang harus ada untuk live streaming

1.       Kompabilitas dengan system yang digunakan (plug n play)

2.       Resolusi Kamera

3.       FPS kamera, secara umum semakin tinggi FPS, semakin bagus kualitasnya.

4.       Bentuk fisik dan kemampuan

5.       Warna, kemampuan dalam kondisi low light, dan focus otomatis

6.       Acesoris tambahan seperti lensa, batere dsbnya

Setelah anda memutuskan kemampuan mana yang anda butuhkan, maka anda dapat membeli sesuai dengan kemampuan keuangan.

Kamera Apa yang Biasanya Digunakan Streamer untuk Streaming?

Para streamer menggunakan berbagai kamera untuk live streaming mereka. Dari Camcorder, DSLR/Mirrorless, webcam bahkan kamera smartphone semua dapat digunakan untuk melakukan live streaming.

Pilihan kamera mana yang terbaik sangat tergantung pada pengaturan, harga dan fungsi yang anda butuhkan. Jika anda memerlukan untuk live streaming yang mudah dan cepat kamera smartphone adalah pilihan terbaik. Jika  anda melakukan padas sutu tempat dan tidak bergerak dan menginginkan hasil yang professional maka DSLR lebih pas.Sementara jika anda baru memulai belajar melakukan live streaming maka webcam sangat di anjurkan.

DLSR/Mirrorless atau Camcorder , mana yang lebih baik untuk streaming?

Secara umum, camcorder akan memberikan pengalaman yang lebih baik daripada DSLR/mirrorless saat digunakan untuk live streaming. Salah satu keunggulan camcorder adalah menawarkan output HDMI yang “Clean” dan ini dapat ditemukan bahkan pada camcorder level paling rendah yaitu consumer.

Sementara DSLR memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya:

1.       Tampilan teks pada layar (OSD) tetap akan terlihat pada output HDMI, beberapa tidak dapat di hilangkan.

2.       Output video dari HDMI DSLR mungkin terpotong (crop), resolusi yang lebih rendah dan ada bar hitam.

3.       DSLR yang tidak memiliki fitur mirroring akan mengakibatkan tampilanya mati saat dihubungkan menggunakan kabel HDMI.

4.      Pengalaman beberapa pengguna mengatakan panas yang berlebihan saat digunakan untuk waktu yang lama.

s

sumber: https://www.adorama.com


0 Comments:

Post a Comment