Saturday, January 29, 2022

Hardisk Pertama Beratnya 1 Ton, Kapasitas 5MB, harganya ratusan juta

 

Hardisk merupakan salah satu komponen utama pada komputer. Fungsi hardisk yang utama adalah untuk menyimpan dan membaca data yang ada di dalam perangkat. Harddisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan.  Ini berbeda dengan Penyimpanan RAM dalam komputer, dimana semua data yang tersimpan sementara pada RAM akan hilang ketika komputer dalam kondisi off.



Ukuran hardisk saat ini ada yang 2.5 “ dan 3.5 “ dengan kapasiatas bermacam macam dari yang ukuran 250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB dan masih banyak lagi. Namun pernahkan terpikir bentuk dan ukuran hardisk saat pertama dibuat? Bentuk dan ukurannya apakah sama seperti sekarang?

Hard Disk Drive pertama kali dibuat dan diproduksi oleh perusahaan IBM pada tahun 1956 yang kemudian disebut sebagai HDD Generasi pertama. HDD pertama ini ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD ini berlabel RAMAC 305 (Ramac meruapakan kependekan dari Random Access Method of Accounting and Control) yang mempunyai kapasitas 5 MB, berukuran sebesar kulkas dengan berat hampir 1 Ton dan kamu tahu harganya? Mencapai 400 juta dan harga sewa 45 juta /bulan hanya untuk kapasitas 5MB.



Fantastis banget ya untuk ukuran jaman dahulu yang belum memiliki kemajuan teknologi yang pesat hingga sekarang. Kabarnya proses pemindahannya sampai menggunakan forklift dan pesawat kargo mengingat beratnya yang hampir menyentuh angka 1 ton. Sebenarnya dalam proses pembuatan IBM 350 Disk Storage Unit ini bisa dibuat kapasitas penyimpanan yang lebih besar namun dengan harga beli yang sangat fantastis, perusahaan IBM bingung dengan target konsumen yang akan dicapai sehingga tidak mengembangkan penelitian ke arah lebih jauh lagi. Logikanya pada tahun sekitar 1956 kemajuan teknologi belum bisa dinikmati seluruh orang, jadi wajar jika perusahaan IBM tidak mengembangkan penelitian lebih jauh tentang IBM 350 Disk Storage Unit.

0 Comments:

Post a Comment