Tuesday, January 18, 2022

DRAMA vs NON DRAMA


Buat pendatang baru di dunia televisi atau mereka yang masih bergelut di dalamnya, 2 kata ini terbilang cukup nge-top, DRAMA dan NON DRAMA.
Tapi sesungguhnya, ada 3 jenis format program di dunia televisi disamping Drama, Non Drama yakni satunya, News & Sport.
Berikut ulasan singkat mengenai ketiga jenis format program tersebut.
DRAMA
Diartikan sebagai format program yang proses penciptaannya berdasarkan pada cerita fiksi atau kisah-kisah dramatik yang ditulis ulang ke dalam sebuah skrip atau skenario.
Banyak kisah fiksi yang mengilhami lahirnya program drama hingga secara genre, format ini pun bisa dibagi lagi kedalam beberapa jenis. Antaranya :
- Drama Komedi
- Drama Percintaan
- Drama Aksi
- Drama Horor
- Drama Legenda
- Dll


NON DRAMA
Diartikan sebagai format program yang proses penciptaannya berdasarkan pada kejadian-kejadian, aktifitas dalam keseharian. Kebalikan dengan Drama, Non Drama mengesampingkan unsur fiksi dan dramatisasi yang berlebihan dan lebih mengedepankan pada unsur kreatifitas dan hiburannya.
Masuk dalam kategori Non Drama, antaranya :
- Talk Show
Sebuah program bincang-bincang, debat atau sharing yang mengupas satu atau beberapa topik permasalahan. Biasa dipandu oleh satu atau 2 orang host. Program ini biasa berdurasi antara 30 menit hingga 1 jam.
- Game Show
Merupakan program hiburan yang bersumber dari sebuah permainan. Game show ini bisa diperuntukkan bagi anak-anak, remaja atau dewasa, tergantung dari jenis permainan itu sendiri.
Biasanya berdurasi antara 30 menit hingga 1 jam dan dipandu oleh 1 orang host atau lebih.
- Kuis
Program yang menguji kecerdasasan pemirsa lewat ajang tanya jawab, tebakan atau mengupas satu persoalan.
Biasa dipandu oleh seorang host, berdurasi 30 menit hingga 1 jam.
- Magazine Show
Mengambil istilah ”magazine” atau majalah, dikenal juga dengan nama : Majalah Udara. Program yang umumnya berdurasi 30 menit ini merupakan program informasi laiknya sebuah majalah. Terdiri dari beberapa item unggulan yang merupakan corak dari program tersebut. Biasa dipandu oleh 1 atau 2 orang host.
Ada banyak program magazine yang terkenal di dunia pertelevisian tanah air. Jenis dan corak program ini biasanya mengacu pada segmen dan pasar penonton dari program itu sendiri.
- Program Music
Sesuai dari namanya, program ini full music. Coraknya beragam. Ditilik dari segmen pemirsa, bisa dikategorikan ke dalam musik anak-anak, remaja, dan dewasa. Dilihat dari jenis musiknya sendiri bisa dikelompokkan ke dalam program musik jazz, keroncong, pop, rock, dll.
Program yang biasanya dilangsungkan selama 1 jam ini bisa dilakukan di studio atau juga out door.
- Variety Show
Merujuk pada namanya, variety atau various : corak / ragam, program ini merupakan perpaduan beberapa unsur, bisa musik, talk show, atau game / kuiz. Biasanya berdurasi 1 jam.
Variety show tergolong program favorit yang banyak diminati pemirsa lantaran variasi item hiburan yang terkandung di dalamnya.
- Religious Program
Sebuah program keagamaan yang mencoba menghadirkan unsur dakwah dan perenungan ke dalam sebuah layar televisi.
Bisa merupakan renungan singkat berdurasi 3 atau 5 menit atau juga program panjang 30 hingga 1 jam.
- Reality Show
Format ini terbilang masih cukup baru. Sebuah acara yang dikemas berdasarkan kejadian atau pengalaman hidup dengan tujuan memancing emosi dan perasaan pemirsanya.
Kebanyakan reality show berdurasi 30 menit.
NEWS & SPORT
Diartikan sebagai program yang dibuat berdasarkan kejadian factual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Faktor kecepatan dan akurasi berita menjadi elemen penting dalam program ini.
Masuk ke dalam kategori format News & Sport, antaranya :
- Liputan (News)
- Features / Documentary
- Sport
Itulah masing-masing 3 jenis format program televisi yang banyak ditemui di ruang publik pertelevisian.
Selama penulis melakoni dunia ini, ada sebuah ranah abu-abu sebenarnya yang sering juga dimainkan oleh banyak pekerja televisi, yakni sebuah format yang memadukan unsur drama dan non drama.
Program-program tersebut tidak murni non drama karena memasukkan unsur dramanya, sebagai contoh : program musik yang banyak menampilkan vt-vt (insert program) yang bergaya drama. Begitupun program drama yang dalam penggarapannya lebih mengacuh pada teknis non drama.
Reality show yang belakangan makin menjamur sebenarnya merupakan sebuah konsep drama yang diangkat dari kejadian nyata. Program ini memiliki struktur dramaturgi laiknya tayangan-tayangan drama pada umumnya, namun penggarapannya yang cenderung simple menyebabkan program tersebut masuk ke kategori non drama.

sumber

0 Comments:

Post a Comment