Saturday, January 22, 2022

Cuma Satu Kali Klik, Hasil Wawancara Berubah Jadi Teks

  

Seringkali saat kita melakukan wawancara baik itu sebagai seorang wartawan yang dibuat berita, dosen yang sedang melakukan penelitian ataupun mahasiswa yang melakukan penelitian untuk tugas akhirnya. Biasanya yang kita lakukan adalah mendengarkan kata demi kata, mengulang kemudian mencatat isi dari wawancara tersebut. Ada kesulitan dan tentunya butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengubahnya menjadi bentuk tulisan.



Perkembangan teknologi memungkinkan kita melakukan transkrip wawancara tersebut dengan mudah tanpa kita harus mendengarkannya. Ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan itu, yaitu dengan aplikasi yang ada di smartphone dan software yang ada di laptop.

Kali ini saya akan coba membahas cara melakukan transkrip (mengubah voice to text) dengan menggunakan laptop/computer. Sebenarnya cukup mudah dilakukan, teknisnya dengan memutar apapun sumbernya baik itu video, suara, rekaman ataupun dari youtube. Cara memutarnya seperti biasa menggunakan media player yang sering anda gunakan, kemudian tools tambahan akan mengubah (mengtranskripsi) suara tadi kedalam bentuk teks

cukup mudah untuk dipraktekkan, dengan hanya bermodalkan Laptop dan Chrome Anda sudah bisa melakukannya. Teknisnya sendiri suara dalam bentuk lagu, video, rekaman dan lain-lain akan Anda putar seperti biasa menggunakan media player apapun itu di Laptop Anda. Kemudian tools tambahan akan mentranskripsi suara tadi untuk diubah ke dalam bentuk teks.

Bagaimana lingkungan sekitar kita berisik? Apa nanti file hasil transkripsi suara masih terdengar jelas? Anda jangan panic, solusinya adalah menggunakan bantuan Software tambahan yang bernama Virtual Audio Cable. Dengan software ini audio yang Anda putar di Laptop tidak akan terganggu dengan suara-suara dari lingkungan luar sekitar Anda.

Cara Mengubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online dengan Google Chrome

1.       Pertama-tama silahkan Anda download dan install terlebih dahulu Software berikut di Laptop Anda: Virtual Audio Cable.

2.       Setelah terinstall, klik kanan icon “Sound” di pojok kanan bawah menu taskbar Laptop Anda

3.       Pilih Open Sound Settings


1.       Pada menu Choose your output device, silahkan Anda ganti Speakers menjadi Line 1 (Virtual Audio Cable)



1.       Buka browser Chrome, lalu kunjungi halaman berikut: Web Speech Api, lalu ubah pengaturan Bahasa menjadi Bahasa Indonesia (jika suara yang ingin Anda transkripsi menggunakan Bahasa Indonesia)


1.       Cari dan putar file sumber suara anda yang ingin di transkrip.

2.       Buka kembali Google Chrome, di halaman Web Speech Api tadi silahkan Anda klik icon “Microphone” untuk memulai proses transkripsi suara menjadi teks.




1.       Tunggu proses pemutaran rekaman selesai sampai semua suara berhasil diubah menjadi teks

2.       Jika sudah selesai, silahkan klik tombol “Copy and Paste” untuk menyalin teks tersebut




Silahkan mencoba, semoga bermanfaat


0 Comments:

Post a Comment