Sunday, January 23, 2022

Butuh Tulisan Dari Konten Youtube? Cara Ubah Youtube Menjadi Teks Tanpa Aplikasi

 

YouTube adalah salah satu platform streaming video paling populer saat ini, walaupun ada beberapa situs streaming video lain yang mencoba namun belum dapat mengalahkannya. Youtube memang memiliki banyak sekali konten, dari video biasa hingga video pengetahuan yang kadang menjadi referensi.


Saya yang berprofesi sebagai dosen tentu saja sangat memanfaatkan konten di youtube untuk menambah pengetahuan dan mengupgrade kemampuan saya. Seringkali juga konten di youtube saya jadikan referensi untuk bahan materi mengajar dikelas. Untuk anda yang juga  sebagai mahasiswa atau pelajar, saat ada tugas untuk membuat resume dari video Youtube atau anda yang berprofesi sebagai penulis untuk media online yang seringkali memanfaatkan konten youtube untuk bahan tulisannya.Biasanya yang kita lakukan adalah mendownloadnya atau mendengarkannya untuk kemudian kita tuangkan kedalam bentuk tulisan.

Tentu saja aktifitas ini membutuhkan waktu dan konsentrasi karena harus berulangkali mendengarkan apa yang dibicarakan. Namun jangan khawatir kini ada cara bagaimana kita dengan mudah mengubah audio video Youtube menjadi teks secara online.

1.       Buka video yang akan anda transkrip, copy linknya


 

2.       Pastikan Subtitle dalam video tersebut di aktifkan oleh pemiliknya




3.       Buka situs https://anthiago.com/, kemudian pilih bahasa sesuai yang  anda inginkan

4.       Masukan (paste) link youtube yang anda copy tadi


5.       Klik tombol Transkrip. Tunggu beberapa saat hingga proses transkrip video selesai

6.       Scroll ke bawah dan lihat hasilnya. Seluruh teks yang diucapkan di dalam video Youtube akan tampil secara otomatis dengan cepat tanpa ribet.


7.       Sekarang anda salin teks tersebut ke dalam Word atau software lainnya.

 

CATATAN

Ada beberapa video yang tidak bisa saya convert menjadi teks, ternyata video tersebut saat di upload subtitlenya tidak di aktifkan

 

Sumber:

https://caileak.com

https://retizen.republika.co.id

 


0 Comments:

Post a Comment