Monday, January 31, 2022

Lowongan DI TRANS 7

PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh yang bergerak pada bidang Informasi Dan Komunikasi membuka lowongan untuk beberapa bagian, silahkan klik tautan berikut



https://career.trans7.co.id/

Nusantara TV Lagi Butuh Video Editor

Nusantara TV atau NTV adalah sebuah stasiun televisi swasta digital nasional di Indonesia.  

Beralamat di kawasan Cempaka Putih Timur Raya No. 7, Jakarta Pusat, NTV merupakan milik NT Corp.  NTV mulai resmi melakukan siaran pada tanggal 10 November 2015.Dalam program acaranya, NTV menghadirkan beragam tayangan hiburan dan berita antara lain tentang politik, ekonomi dan hukum.


Loker Campers CNN Indonesia

 

Berkarir di CNN Indonesia

CNN Indonesia membuka lowongan pekerjaan untuk posisi terbaik. Daftarkan diri anda di website ini. Pendaftaran Gratis. Berikut adalah posisi terfavorit pilihan para kandidat

  •  Creative
  •  Reporter
  •  News Anchor
  •  Production Support
  •  Floor Director



DI BALIK LAYAR PROGRAM "TERAS LPPM ATVI"

 

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini membawa perubahan signifikan hampir disegala bidang. Semakin murah dan semakin cepatnya akses internet juga memudahkan kita dalam melakukan live streaming. Lahirnya teknologi live streaming dan video conference membawa keuntungan bagi kita agar selalu menambah wawasan baru secara cepat dan mudah. Tak bisa dipungkiri bahwa live streaming dapat dijadikan cara ampuh untuk menyampaikan sebuah informasi.


Saturday, January 29, 2022

Hardisk Pertama Beratnya 1 Ton, Kapasitas 5MB, harganya ratusan juta

 

Hardisk merupakan salah satu komponen utama pada komputer. Fungsi hardisk yang utama adalah untuk menyimpan dan membaca data yang ada di dalam perangkat. Harddisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan.  Ini berbeda dengan Penyimpanan RAM dalam komputer, dimana semua data yang tersimpan sementara pada RAM akan hilang ketika komputer dalam kondisi off.


Friday, January 28, 2022

Memilih Kamera Video, Camcorder, DSLR, atau Smartphone?

Di jaman serba digital ini pasti kita tak asing lagi dengan yang namanya kamera yang biasa digunakan sebagai komponen utama dalam proses pengambilan gambar, baik itu gambar diam (foto) maupun gambar bergerak (video). Jika kita membaca beberapa literatur banyak sekali orang mengkategorikan jenis kamera tersebut. Ada kategori berdasarkan penggunaannya, kategori berdasar penggunanya, kategori berdasar format medianya dan lain sebagainya. Kali ini saya  akan menjelaskan kamera berdasarkan fungsinya.



Gawai Bisa Buat Film Dokumenter Bagus

Setiap persitiwa punya arti, punya makna, dan punya nilai sejarah tinggi di kemudian hari. Semua itu akan terwujud apabila kita punya kebiasaan dan passion untuk mendokumentasikan denyut nadi kehidupan masyarakat melalu kamera yang kita miliki, termasuk kamera yang ada di perangkat gawai kita.

Demikian disampaikan Dosen ATVI yang dikenal sebagai sutradara dan juri film dokumenter,  Dr. IGP Wiranegara, M.Sn ketika tampil sebagai pembicara dalam acara “Bincang Santai Teras LPPM ATVI” yang digelar via online dan streaming di Kanal Youtube LPPM ATVI (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat – Akademi Televisi Indonesia), Jumat malam (28/1/2022).

Sunday, January 23, 2022

Butuh Tulisan Dari Konten Youtube? Cara Ubah Youtube Menjadi Teks Tanpa Aplikasi

 

YouTube adalah salah satu platform streaming video paling populer saat ini, walaupun ada beberapa situs streaming video lain yang mencoba namun belum dapat mengalahkannya. Youtube memang memiliki banyak sekali konten, dari video biasa hingga video pengetahuan yang kadang menjadi referensi.


Saturday, January 22, 2022

Cuma Satu Kali Klik, Hasil Wawancara Berubah Jadi Teks

  

Seringkali saat kita melakukan wawancara baik itu sebagai seorang wartawan yang dibuat berita, dosen yang sedang melakukan penelitian ataupun mahasiswa yang melakukan penelitian untuk tugas akhirnya. Biasanya yang kita lakukan adalah mendengarkan kata demi kata, mengulang kemudian mencatat isi dari wawancara tersebut. Ada kesulitan dan tentunya butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengubahnya menjadi bentuk tulisan.


Konsep Dasar Multi Kamera

Berbagai macam teknik produksi digunakan dalam membuat sebuah program televisi. Teknik yang digunakan bisa berdasarkan format program, besar kecilnya program, peralatan yang digunakan, dan budget. Menurut buku “video production handbook” karya Gerald Millerson dan Jim Owens,  teknik produksi terdiri dari single kamera, multi camera, multi kamera ISO dan multi kamera tanpa switcher. Beberapa tulisan hanya membagi dua cara berproduksi sebuah program hanya menjadi dua yaitu teknik single kamera dan teknik multi kamera.



Untuk Jadi Konten Kreator, Ini yang Perlu Diperhatikan

Besarnya perkembangan internet di Indonesia membuat para pelaku bisnis memiliki keleluasaan dalam memilih suatu media dan format apa yang akan digunakan dalam penyampaian pesan terbaik kepada para konsumenny. Salah satu format yang saat ini menjadi favorit Para pemilik merek sendiri adalah endorsment via konten kreator.

Seorang konten kreator kini tidak harus publik figur atau selebritis yang sudah terkenal namun mereka yang memiliki ketrampilan dan kreativitas dalam menciptakan sebuah konten. Untuk menjadi konten kreator harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan di bidang audio visual diantaranya konten, kamera, audio dan video editing.


Lembaga Pendidikan David Klein (LPDK) bekerjasama dengan Radio Maestro dan Akademi televisi Indonesia (ATVI) mengadakan pelatihan bagaimana menjadi seorang konten kreator yang handal, Sabtu (22/1/2022).

Pelatihan kali ini juga menggandeng Persatuan Radio Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI). Seperti kita ketahui radio awalnya memang hanya merupakan penyiaran audio saja, namun di era digital sekarang  agar tetap eksis maka radio harus bergeser menjadi audio video, yang artinya yang tadi nya hanya membuat konten berupa audio saja, saat ini juga harus membuat konten audio visual yang dapat ditayangkan menggunakan kanal media sosialnya. Karena itu diperlukan pelatihan untuk dapat mewujudkan ide dasar yang konseptual menjadi sebuah karya nyata (konten digital).


Untuk menjadi seorang konten kreator, adalah mutlak untuk mengetahui ilmu fundamental tentang audio dan visual. Untuk itu ATVI sebagai sebuah akademi yang menyiapkan tenaga media digital dan pertelevisian yang andal, turut berkontribusi dalam pelatihan ini dengan mengirimkan beberapa dosen andalannya yang sangat kompeten di bidangnya.

Di antaranya Hans Utama sebagai Founder Fantasipro Creative Works sekaligus Kabag Kemahasiswaan ATVI, Rusman Latief dosen ATVI sekaligus penulis buku produktif, Teguh Setiawan seorang praktisi,dosen dan penyusun kurikulum bidang kamera, Desrizal praktisi juga dosen ATVI,dan David Klein Founder LPDK.

Dalam acara pembukaan, Erick Rizki Sunendar selaku wakil ketua bidang dana usaha PRSSNI Jabar  mengatakan pelatihan ini menjadi bekal para insan radio, karena tidak menutup kemungkinan radio juga harus menyesuaikan dengan kondisi yang semakin berkembang.Pelatihan yang dilakukan secara online setiap selasa dan kamis selama 90 menit. (sur)

sumber: https://www.sinarharapan.net

Wednesday, January 19, 2022

DSLR vs Camcorder

 

Jika anda ingin membeli kamera video tentunya dibuat bingung karena pilihannya sangat banyak. Apakah anda akan membeli camcorder ataukah dslr?

Sejak tahun 2008 ketika Nikon mengeluarkan Nikon D90 yang mampu merekam video dengan resolusi HD, dunia perekaman video telah berubah secara signifikan. Selama ini kualitas HD hanya didapat jika menggunakan camcorder maka sejak kemunculan D90 mendapat saingan ketat dari jenis DSLR.

Memang ada beberapa perbedaan pendapat yang harus dipertimbangkan saat kita ingin membeli kamera untuk kebutuhan produksi video. Saya akan menguraikan beberapa hal penting yang harus di ingat saat ingin memutuskan hal tersebut.


Tuesday, January 18, 2022

Asyiknya Sebuah Produksi

Bagi pekerja film dan tv atau juga mereka yang sudah terbiasa dengan bidang ini, mungkin ini rejeki yang harus segera ditindak-lanjuti, kalau gak, bisa lain cerita. Tapi kalau kebetulan anda masih awam ataupun hanya paham setengah-tengah, apa jadinya ?

Pilihan ada 3, anda lempar job tersebut ke rekan atau kenalan yang terbiasa dengan pekerjaan ini dan anda akan mendapatkan komisi, istilah kata ”jual putus” dan anda bisa meminta fee sebagai marketing saja. Atau anda berikan tapi anda terlibat di dalamnya, terserah posisi yang anda inginkan di situ yang penting anda terlibat dan ingin belajar. Dan pilihan ketiga, anda nekat dan pura-pura yakin mengerti dunia ini. Ini sangat berbahaya.


Tahapan Produksi (mekanisme sebuah produksi)

MEKANISME SEBUAH PRODUKSI

(contoh kasus untuk produksi ftv, video clip, iklan komersial & PSA /Iklan Layanan Masyarakat)
Secara garis besar, sebuah produksi program terbagi dalam 3 tahap, masing-masing : Pre Production, Production dan Post Production.
A. TAHAP PRE PRODUCTION
Tahap ini merupakan tahap persiapan, branstorming.
Pencarian tim inti dan pencarian cerita yang telah kita singgung di session # 1 masuk dalam tahap ini. Jika cerita sudah ditemukan, cerita akan dimitingkan oleh tim inti, antaranya producer, executive producer, production designer dan director. Setelah sepakat, Executive Producer akan merancang dan membuat budget untuk produksi tersebut. Setelah disetujui oleh Producer, budget tersebut langsung diturunkan kepada Line producer untuk ditindak lanjuti.


DRAMA vs NON DRAMA


Buat pendatang baru di dunia televisi atau mereka yang masih bergelut di dalamnya, 2 kata ini terbilang cukup nge-top, DRAMA dan NON DRAMA.
Tapi sesungguhnya, ada 3 jenis format program di dunia televisi disamping Drama, Non Drama yakni satunya, News & Sport.
Berikut ulasan singkat mengenai ketiga jenis format program tersebut.
DRAMA
Diartikan sebagai format program yang proses penciptaannya berdasarkan pada cerita fiksi atau kisah-kisah dramatik yang ditulis ulang ke dalam sebuah skrip atau skenario.
Banyak kisah fiksi yang mengilhami lahirnya program drama hingga secara genre, format ini pun bisa dibagi lagi kedalam beberapa jenis. Antaranya :
- Drama Komedi
- Drama Percintaan
- Drama Aksi
- Drama Horor
- Drama Legenda
- Dll

Dasar Dasar Pencahayaan (three point lighting)

Seperti kita ketahui dalam proses pengambilan gambar dengan menggunakan camera baik camera film, video atau still photo semuanya sangat memerlukan cahaya. Sumber cahaya itu sendiri bisa diperoleh dari sinar matahari atau sinar buatan manusia yang berbentuk lampu khusus untuk itu tentunya.

Di kancah perfilman, pertelevisian bahkan pentas teater dan musik pemakaian lampu bukan hanya sebagai penerang subjek/objek yang akan diambil gambarnya atau untuk dilihat saja, tapi ada berbagai fungsi pada pemakaian lampu tersebut secara proposional. Pun begitu pula penempatan letak lampu yang digunakan diatur sedemikan rupa agar hasilnya maksimal.
Ada 3( tiga ) poin/ unsur berfungsi penting dalam penataan cahaya ini, yaitu :
1. Key Light
2. Back Light
3. Fill Light



Yang Harus di Perhatikan Saat Ingin Membeli Kamera

 

Saat ini banyak sekali jenis dan macam camera video yang di produksi,dari yang sangat sederhana sampai camera yang menggunakan teknologi paling mutakhir.Penyebaran pasar camera video ini di sesuaikan dengan berbagai aplikasi dan kebutuhan yang di inginkan oleh konsumen,walaupun camera video yang sangat sederhanapun sudah mampu menghasilkan gambar yang cukup memuaskan namun tetap saja camera dengan kualitas yang lebih canggih yang bisa menghasilkan  konsistensi gambar lebih baik untuk waktu yang lebih lama bahkan dalam kondisi yang sangat sulit,dan tentunya kualitas dan kemampuannya bervariasi tergantung harganya.

Monday, January 17, 2022

Uji Publik Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Tahun 2021

 

Dalam rangka Penjaminan Mutu penyelenggaraan kursus dan pelatihan, tahun 2021 ini Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan telah menyusun Standar Kompetensi Lulusan (SKL) kursus dan pelatihan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Agar naskah SKL tersebut lebih sempurna dan sesuai dengan kebutuhan maka kami melaksanakan uji publik kepada semua pemangku kepentingan. Uji publik dilaksanakan dengan menggunakan Google formulir. Mohon perkenan Bapak/Ibu untuk turut membantu menyebarkan penilaian draf SKL tersebut kepada kolega atau pihak-pihak lainnya yang terkait bidang keterampilan.

Sunday, January 16, 2022

Menjadi Sahabat Bagi Anak Didik

Banyak cara dan metode untuk membuat anak didik, baik pelajar maupun mahasiswa untuk tertarik dengan materi pelajaran yang diberikan, aktif di kelas, terbuka, dan pada saat bersamaan, pendidikan, baik guru maupun dosen, bisa menjadi sahabat bagi anak didik. Untuk mencapai tujuan ideal itu tidak sulit asalkan guru maupun dosen benar-benar serius dalam mengajar, menguasai bidangnya, demokratis, dan mengetahui watak dan karakter anak didiknya.


Dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI), Suradi, yang punya pengalaman lama sebagai guru di SMAN 8 Jakarta, mengungkapkan hal itu dalam perbincangan santai yang disiarkan langsung melalui channel Youtube Teras Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ATVI, Kamis (2/12) malam.

Menurut siaran persnya, bincang santai yang dipandu Ketua LPPM ATVI,Ratih Damayanti dan didukung tim kreatif IT, yang juga dosen ATVI, Teguh Setiawan itu dilakukan secara interaktif. Peserta dapat bertanya dan memberikan pandangannya melalui chat di channel Youtube. Ini merupakan acara perdana Teras LPPM yang akan berlanjut secara kontinyu dwi mingguan.

Menurut Suradi, yang juga dikenal sebagai jurnalis dan penulis buku ini, tantangan terbesar dalam proses pembelajaran baik di masa tahun 1990-an maupun saat ini adalah bagaimana peserta didik, baik pelajar maupun mahasiswa memahami apa yang diajarkan. Setelah itu dapat mengaplikaisnnya untuk kepentingan studi dan karir di masa depan.

"Pemahaman tentag pentingnya bidag studi, kaitannya dengan kehidupan masa lalu, kini dan mendatang, serta informasi bidang karir yang dibutuhkan. Jadi daya tarik siswa maupun mahasiswa selalu dekat dengan kita," katanya.

Ketua LPPM ATVI, Ratih Damayanti mengatakan berawal dari itikad baik dari para dosen tetap ATVI untuk dapat mendedikasikan ilmunya agar dapat berbagi dengan publik secara lebih luas, maka muncullah ide untuk membuat konten pengabdian kepada masyarakat melalui kanal Youtube Teras LPPM ATVI. Nama Teras dipilih karena teras dapat dianalogikan sebagai ruang terbuka di depan rumah yang sering dijadikan tempat berkumpul dan berdiskusi santai.

"Ini sesuai dengan format konten yang diangkat yaitu membahas tentang berbagai topik yang dikemas secara ringan namun mencerdaskan dan dapat memberikan inspirasi positif bagi viewers-nya. Teras LPPM ATVI merupakan media publikasi para dosen ATVI untuk berkontribusi dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat," ujar Ratih.

Tim kreatif yang juga dosen ATVI, Teguh Setiawan mengatkan, awalnya konten ini akan ditayngkan di kanal saya mastepedia yang memang rutin mengadakan bincang secara live dengan nara sumber alumni, dosen dan orang yang berkompeten. Namun memanfaatkan hari guru saya berdiskusi untu membuat konten yang lebih serius dengan memanfaatkan kanal Teras LPPM ATVI yang memang belum lama aktif.

"Sebagai orang yang berada dibalik layar, yang mengurusi kreatif, teknis, dan konsep penayangan saya menyulap seperangkat komputer di rumah menjadi ruang kontrol room untuk mengendalikan tayangan ini agar kualitasnya tetap terjaga, baik audio maupun visual," papar Teguh.



Beberapa Tips

Dalam bincang santai selama 90 menit itu, Suradi yang juga menulis buku berjudul Bangga Menjadi Guru SMAN 8 Jakarta ini memberikan beberapa tips agar guru maupun dosen bisa menjadi sahabat anak didik. Pertama, menguasai bidang pelajaran atau materi yang diajarkan karena ini modal pertama untuk percaya diri di dalam kelas.

Kedua, berusaha memahami setiap karakter dan watak anak didik, sehingga berbagai kendala dalam proses mengajar bisa diselesaikan dengan baik, sebab setiap peserta didik punya masalahnya sendiri.

"Kita juga harus bersikap demokratis dan memberikan kesempatan setiapanak didik untuk bertanya dan mengajukan pandangannya atas materi pelajaran. Suasaa kelas yang demokratis menumbuhkan semangat belajar yangtinggi. Lalu, kita mesti kreatif dalam metode pengajaran. Sekakarang sangat mudah mencari tambahan bahan ajar dan alat peraga lewat Youtube atau media sosial. Terakhir, usahakan mendekatkan diri dengan anak didik dalam setiap kegiatan," papar alumnu Universitas Indonesia itu.

Banyak pertanyaan dan pandangan yang diajukan peserta, termasuk dari anak kandung Suradi yang tengah studi di luar negeri,Muhammad Rizky.

"Walaupun tidak pernah diajar oleh Pak Suradi di kelas, bapak saya, merupakan seorang guru yang paling berpengaruh kepada saya," kata Rizky.

Dalam komentarnya di kolom chat yang ditulis dari Brussel Belgia, Rizky, putra bungsu Suradi ini mengatakan, kalau guru pada umumnya mengajar menggunakan teori dan buku paket, ayah mengajarkan pelajaran hidup melalui contoh dan media lainya. Ketika berbicara tentang nilai-nilai hidup, bukan dengan teori-teori atau buku-buku PPKN tapi melalui kerja kerasnya setiap hari.

"Lebih penting lagi, beliau mengajarkan saya tentang kesetaraan dan kebebasan berpendapat. Bapak selau menempatkan dirinya setara dengan anak-anaknya ketika diskusi. Beliau bersedia berdiskusi dengan anaknya mengenai topik-topik atau pelajaran yang mungkin dianggap subversif di sekolah tanpa dengan menggurui dan mengerdilkan opini anaknya. Hal ini membuat saya berfikir bahwa bapak saya, menunjukkan esensi seorang guru, seseorang yang digugu dan ditiru," ungkap Rizky yang sedang studi bidang Bisnis di KU Leuven, Belgia.

Testimoni juga disampaikan puteri Suradi yang kini bekerja di sebuah lembaga konsultan ekonomi dan bisnis di Luxembourg, Rahmadiani Lestari. Menurutnya, dari perspektif anak, Pak Suradi menerapkan hal yang sama di lingkungan rumah, komunikasi dua arah dan diskusi. Selalu support dan dengan bangga mempercayai pilihan studi dan karir anaknya sendiri. Itu sangat penting untuk membangun self confidence atau percaya diri.

"Bisa terlihat dan tidak mengherankan heran bahwa Bapak adalah guru dan pendidik yang luar biasa dan futuristik. Merefleksi pada pengalaman studi saya di Eropa baru-baru ini, banyak metode belajar di Eropa dapat disandingkan dengan metode mengajar Bapak saat beliau aktif mengajar di tahun 1990-an. Beliau sudah menerapkan pendekatan komunikasi dua arah dan bertumpu pada diskusi," ungkap Rachmadiani

Dari muridnya semasa SMA tahun 1990-an, Nina Harsya menyampaikan pesan dan kesannya diajar Suradi. Menurutnya, pola pengajaran yang diterapkan sangat berbeda ketika itu. "Pak Suradi sangat interaktif, memberi kebebasan kita untuk bertanya, dan menjadi teman di sekolah," kata Nina.

sumber

https://koran-jakarta.com

Mengenal Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya

Baru-baru ini pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta dan menciptakan Metaverse. Facebook, telah melakukan rebranding untuk memberi sinyal dan merangkul ide-ide futuristik dengan mengangkat istilah metaverse.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg ingin menciptakan dunia virtual yang menggabungkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality melalui Metaverse.  AR atau augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Sementara virtual reality (VR) adalah teknologi yang mampu menciptakan simulasi. Simulasi ini bisa mirip seperti dunia nyata, seperti suasana saat pengguna berjalan-jalan di sebuah tempat. 



Metaverse sendiri sulit untuk dijelaskan karena belum tentu akan ada. Namun, mengingat hampir berjumlah tiga miliar orang yang menggunakan Facebook setiap bulannya, Mark Zuckerberg akhirnya mengungkapkan saran tentang perubahan arah yang patut diperhatikan.Istilah metaverse bukan merupakan hal baru. Ide metaverse ini berguna dan memiliki kemungkinan akan bersama kita untuk beberapa waktu. Konsep metaverse sangat layak dipahami, apalagi jika Anda kritis terhadap masa depan.

Mengenal Istilah Metaverse

Metaverse adalah sebuah konsep dunia virtual di mana seseorang dapat membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya dalam bentuk avatar dirinya sendiri.  Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, orang-orang dapat bekerja, bertemu, bermain dengan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, atau perangkat lainnya.  Namun, sebenarnya istilah Metaverse ditulis oleh Neal Stephenson di novel Snow Crash pada 1992.

Istilah ini tidak memiliki definisi yang bisa diterima secara universal. Anggap saja metaverse adalah internet yang diberikan dalam bentuk 3D. Zuckerberg menggambarkan metaverse sebagai lingkungan virtual yang bisa Anda masuki, alih-alih hanya melihat layar.

Jika dipersingkat, ini adalah dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung. Di mana, orang-orang dapat bekerja, bertemu, bermain dengan menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone dan atau perangkat lainnya.

Gambaran sederhana yang diungkapkan oleh Facebook tentang metaverse adalah sebuah seperangkat ruang virtual, tempat seseorang dapat membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya yang tidak berada pada ruang fisik yang sama dengan orang tersebut.


Seperti apa Metaverse? 

Berikut adalah cara kerja atau sejumlah kegiatan atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh penggunanya di Metaverse, antara lain:

·         Horizon: Horizon adalah dunia virtual yang dapat memilih atau membuat tanah sendiri seperti taman, kantor, tempat bermain, pantai, pegunungan, luar angkasa atau tempat manapun yang ingin dituju. 

·         Avatar: Avatar adalah pengguna dapat menciptakan avatarnya sendiri sesuai keinginan seperti avatar manusia dengan gender laki-laki atau perempuan lengkap dengan pakaian ataupun wujud lain misalkan robot, karakter, dinosaurus, dan lain-lain. 

·         Kegiatan virtual: Kegiatan virtual adalah pengguna dapat melakukan aktivitas yang sama di dunia asli seperti berolahraga, menonton film, menonton konser, kuliah, bekerja, dan lain-lain. 

·         Kumpul bersama: Kumpul bersama adalah pengguna dapat bertemu dengan pengguna lain untuk meeting, berpesta ataupun sekedar nongkrong bersama. 

·         Belanja: Belanja adalah pengguna dapat berbelanja dan bertransaksi layaknya berbelanja langsung ke toko atau mal. 

·         Masuk ke dalam game: Masuk ke dalam game adalah pengguna dapat masuk ke dalam game layaknya seperti film Ready Player One atau Film Free Guy. 

·         Alat hardware: Alat hardware adalah pengguna memakai headset Virtual 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Adanya metaverse, memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal seperti pergi ke konser virtual, melakukan perjalanan online, membuat atau melihat karya seni dan mencoba pakaian digital untuk dibeli.

Metaverse bisa menjadi game-changer untuk sistem shift kerja dari rumah atau work from home di tengah kondisi pandemi Covid-19. Alih-alih hanya dapat melihat rekan kerja di kotak panggilan video seperti aplikasi video conference, karyawan bisa bergabung bersama di kantor virtual.

Facebook sendiri telah meluncurkan software meeting untuk perusahaannya yang disebut Horizon Workrooms dan digunakan dengan headset Oculus VR-nya. Headset yang berharga USD 300 lebih ini membuat pengalaman metaverse paling mutakhir di luar jangkauan orang-orang.

Menurut Zuckerberg, banyak pengalaman metaverse yang akan hadir di sekitar untuk menciptakan kemampuan berteleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya. Perusahaan-perusahaan teknologi harus mencari cara untuk bisa menghubungkan platform online mereka satu sama lainnya.

Apakah Metaverse Hanya Untuk Facebook?

Beberapa perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan pembuat chip Nvidia telah membicarakan metaverse. Jadi, metaverse bukan hanya sekedar proyek dari Facebook saja.

Wakil presiden platform Omniverse Nvidia, Richard Keris mengatakan bahwa ada banyak perusahaan yang membangun dunia dan lingkungan virtual di metaverse, sama dengan banyak perusahaan yang melakukan sesuatu di World Wide Web.

Richard menjelaskan, bahwa metaverse sangat penting untuk bisa diperluas, sehingga pengguna bisa berteleportasi ke dunia yang berbeda baik dari satu perusahaan atau perusahaan lain. Dengan cara yang sama, metaverse akan membuat pengguna internet dapat berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya.

Selain itu, perusahaan video game di balik video game Fortnite yang populer, Epic Games, juga turut mengambil peran dan telah mengumpulkan USD 1 miliar dari investor untuk membantu rencana jangka panjang membangun metaverse.

Pemain besar lainnya adalah platform game Roblox. Dimana platform mereka telah menguraikan visinya mengenai metaverse sebagai tempat di mana orang-orang bisa berkumpul bersama dalam pengalaman 3D untuk bekerja, bermain, bersosialisasi, belajar dan berkreasi.

Merek-merek seperti rumah mode Italia Gucci juga melakukan kolaborasi dengan Roblox untuk menjual koleksi aksesoris khusus digital. Selain itu, Coca-Cola dan Clinique juga turut menjual token digital sebagai batu loncatan menuju metaverse.

Pihak Facebook memberikan pernyataan bahwa metaverse bukan produk tunggal yang hanya dapat dibangun oleh satu perusahaan saja. Melainkan, metaverse sama seperti internet, terlemas dari Facebook atau tidak, metaverse tetap ada.

Apakah Metaverse sebagai Pengganti Internet?

Mungkin kalian akan bertanya-tanya dan pernah membaca bahwa metaverse nantinya akan menggantikan internet. Apakah Facebook, Microsoft dan Disney mencoba untuk mengambil alih dunia internet melalui metaverse?

Di sebuah wawancara dengan The Verge, Zuckerberg memberikan gambaran metaverse sebagai "internet yang akan diwujudkan," yang pada dasarnya adalah versi internet yang ditingkatkan. Penggunanya dapat memiliki pengalaman berbeda yang tidak didapatkan pada aplikasi atau halaman web 2D.

Itu lah beberapa penjelasan utama mengenai metaverse. Metaverse dipercaya bisa menjadi sebuah langkah awal yang memberikan kesempatan untuk mewujudkan dunia digital agar lebih komprehensif dan inklusif. Jadi, sudah siapkah Anda hidup dengan dunia virtual?

sumber

https://www.cnbcindonesia.com

https://lifestyle.kontan.co.id

Saturday, January 15, 2022

Kamera Terbaik Untuk Video Live Streaming

Platform apapun yang akan anda gunakan untuk melakukan live streaming, kamera merupakan salah satu peralatan yang mendukung kualitas gambar menjadi baik. Saat ini kebutuhan akan kamera yang terbaik banyak dibutuhkan terutama dengan semakin banyaknya orang membuat konten Video blogger (Vlog). Sehingga banyak orang membeli kamera untuk kebutuhan vlognya. Permintaan kamera untuk streamingpun saat ini juga melonjak, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini.

Tentunya sebagian besar menginginkan kamera yang digunakan dapat memberikan gambar yang jernih dan detil gambar yang baik. Ini diluar kemampuan kamera smartphone yang saat ini juga banyak digunakan untuk streaming namun memiliki keterbatasan dalam hal audio dan jaringan.

Live Streaming, peralatan apa saja yang dibutuhkan?

 

Live streaming adalah salah satu cara yang sangat ideal untuk menyampaikan pesan secara cepat  dan mendekatkan hubungan baik dengan para pengikut kita. Karena alasan itulah saat ini banyak orang melakukan streaming menggunakan media sosialnya seperti facebook, Instagram dan Youtubenya.

Jika anda adalah seorang konten kreator, pebisnis, publik figure, yang memiliki banyak kegiatan atau aktif diberbagai komunitas, maka melakukan streaming sangat dibutuhkan, saya akan menjabarkan berbagai peralatan yang dibutuhkan saat streaming

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Dalam melakukan live streaming sebenarnya anda dapat melakukan dengan peralatan yang sangat sederhana cukup menggunakan media social seperti facebook, Youtube dan Instagram dengan  smartphone dan koneksi internet. Untuk kualitas yang lebih baik anda harus mempertimbangkan  menggunakan peralatan tambahan agar tampilannya terlihat lebih professional.

Jika anda baru mulai mencoba melakukan streaming, tidak perlu segera melakukan investasi besar. Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan streaming yang akan dilakukan. Berikut adalah beberapa peralatan streaming yang disesuaikan dengan kebutuhan streaming.

1. Kebutuhan Pemula

·         Smartphone, tablet, or webcam

·         Tripod (optional)

·         Koneksi Internet

Sangat cocok digunakan untuk kebutuhan podcast dan video blog


Cara termudah dan tercepat untuk melakukan siaran langsung adalah dengan menggunakan peralatan yang sudah anda miliki. Penggunaan smartphone memungkinkan anda terhubung ke internet dengan mudah, sehingga dapat melakukan streaming langsung melalui aplikasi yang ada seperti: Facebook, Instagram, Youtube, dan platform media social lainnya. Peralatan sederhana ini sangat mudah namun memang memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya kualitas video yang rendah dan sudut pengambilan gambar yang monoton.

2. Kebutuhan Menengah menggunakan satu kamera HD

·         HD Video Camera or Camcorder

·         Tripod

·         Video Encoder

·         Portable Wi-Fi Device

Sangat cocok digunakan untuk Video Blogs, Podcasts, Seminars and Events skala kecil

Untuk streaming dengan kualitas gambar yang lebih halus, pertimbangkan untuk berinvestasi pada kamera video profesional dengan resolusi lebih tinggi dan gambar yang lebih jernih.

Sebaiknya anda menggunakan kamera video yang memang dirancang untuk merekam video sehingga penggunaannya bisa lebih panjang. Gunakan camcorder (camera recorder) sebaiknya hindari menggunakan camera DSLR. Namun jangan juga anda membeli camcorder dengan kualitas yang paling baik dengan harga yang sangat mahal, kecuali jika enda akan menggunakan untuk keperluan lain.

3. Kebutuhan Untuk Profesional Menggunakan Multi Camera

·         Multiple HD Video Cameras or Camcorders

·         Tripods

·         Video Encoder

·         Audio Mixer

·         Computer Graphics Software

·         Portable Wi-Fi Device

 Sangat ideal untuk : Konser Musik, Pertunjukan teater


Untuk melakukan streaming sebuah acara yang lebih besar, anda sebaiknya menggunakan system produksi multi camera dan video switcher. Menggunakan beberapa kamera memungkinkan anda dapat merekam video dari berbagai sudut dengan berbagai ukuran gambar yang berbeda. Hasil yang didapat tentunya akan lebih membuat konten anda lebih menarik.

PERALATAN TAMBAHAN UNTUK KEBUTUHAN STREAMING

Terlepas kebutuhan streaming mana yang akan di gunakan,  anda memerlukan bebrapa peralatan tambahan yang dapat membantu menciptakan pengalaman yang lebih baik dan menyenangkan bagi penontonnya. Beberapa peralatan tambahan yang membuat live streaming anda terlihat lebih professional.

·        Pencahayaan, sangat dibutuhkan agar tampilan terlihat lebih jelas, sehingga audiens akan melihat wajah anda .

·        Background, usahakan latar anda memiliki warna yang solid dan tidak berantakan, penggunaan layar hijau juga dapat membantu membuat latar anda lebih baik.

·        Kebutuhan kabel, batere dll, seiring waktu anda tentunya akan membutuhkan kabel dan daya tambahan agar live streaming anda berjalan lancer.

BAGAIMANA MELAKUKAN SET UP PERALATAN STREAMING

Cara anda melakukan set up peralatan sangat bervariasi tergantung pada jenis live streaming yang akan anda lakukan. Untuk kebutuhan live streaming yang besar, seperti acara music dan even lainnya atur penempatan kamera agar memberikan suasana gambar yang lebih dinamis. Tempatkan kabel dengan rapid dan beri perlindungan agar lebih aman.

Sedangkan jika live streaming anda berskala kecil  seperti melakukan game streaming, anda cukup merapikan dan memastikan semua peralatan dalam keadaan siap setelah anda menemukan konfigurasi yang tepat. Dengan begitu anda akan memiliki tampilan yang lebih konsisten dalam setiap streamingnya.

DIMANA ANDA AKAN MELAKUKAN STREAMING

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bertanya pada diri sendiri apa yang ingin Anda siaran langsung. Apakah ini hanya vlog harian biasa? Seminar kecil? Konser musik?

Mencari tahu di mana anda akan melakukan streaming memungkinkan Anda menentukan jenis peralatan kamera streaming langsung dan pengaturan yang harus Anda gunakan untuk hasil terbaik.

Facebook dan Instagram akan cocok untuk menyiarkan acara acara kecil ataupun jika ingin berinteraksi dengan audiens secara informal. Sedangkan untuk acara konser dan seminar Youtube adalah pilihan yang tepat.

GUNAKAN ENCODING VIDEO YANG TEPAT

Setelah anda memutuskanuntuk menggunakan kamera video yang sebenarnya (camcorder) bukan hanya perangkat seluler (smartphone) ataupun webcam. Tahap selanjutnya adalah memilih encode video yang sesuai agar video anda lancar di siarakan melalui web. Encoding dapat di lakukan menggunakan hardware khusus ataupun computer yang dengan software encoding yang sudah terinstal.

PERTIMBANGKAN UNTUK MEMBELI AUDIO MIXER

Video berkualitas baik tidak ada artinya ketika kualitas suara Anda buruk. Dalam pengaturan yang lebih sederhana, satu mikrofon eksternal yang terhubung ke kamera Anda dapat berfungsi. Tetapi untuk beberapa sumber audio, Anda pasti memerlukan mixer audio untuk tidak hanya mengubah sinyal audio menjadi format digital untuk penyiaran tetapi juga memiliki kontrol atas volume dan suara dari masing-masing sumber suara tersebut.

TAMBAHKAN TEXT DAN GRAPHIC

Agar tampilannya lebih menarik sebaiknya tambahkan teks dan graphic. Untuk itu anda memerlukan software yang memungkinkan anda membuat dan masukan animasi teks, melakukan overlay (gambar yang menumpuk), bahkan lirik dan bagian yang akan meningkatkan keterlibatan audiens .

KONEKSI INTERNET YANG CEPAT

Ibarat sebuah pertempuran , proses pengambilan gambar baru merupakan setengah dari pertempuran tersebut. Pertempuran selanjutnya adalah berhubungan dengan koneksi internet yang lancer. Untuk melakukan live streaming yang benar benar sukses anda memrlukan koneksi internet yang cepat dan stabil. JAngan menggunakan koneksi internet yang juga digunakan banyak orang, pilihan terbaik adalah anda menggunakan router WIFI tersendiri yang tidak akan mengganggu jalannya streaming.

 sumber: www.adorama.com








Apa itu Non Fungible Token (NFT) , yang membuat seorang remaja menjadi Milyarder?

 

Saat ini dunia teknologi sedang dihebohkan dengan tren Non Fungible Token (NFT) yang adalah sebuah token digital. Apalagi, setelah remaja Indonesia, pemilik akun bernama Ghozali Everyday menjadi heboh di media sosial, khususnya di situs penjualan karya digital berbasis NFT, yaitu OpenSea.

Ghozali konsisten menjual foto-foto selfie miliknya dalam lima tahun terakhir. Bahkan, ia menjadikan foto selfie menjadi Non Fungible Token (NFT), kini koleksinya bernilai miliar rupiah.

Apa itu NFT?

NFT adalah sebuah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain, tidak jauh berbeda dengan beberapa aset mata uang kripto. Bedanya, NFT tidak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.



Non-Fungible Token (NFT) merupakan sebuah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain, data itu berisi tentang siapa penciptanya, harga, dan histori kepemilikannya.

NFT memberikan keamanan penting untuk sebuah karya seni yang dipublikasikan secara online, di mana konten dapat disebar bebas dan dapat diklaim dengan mudah, dan menyebabkan kerugian bagi pembuatnya. Beberapa situs yang menyediakan jual beli NFT, seperti Nifty Gateway, Mintable, Rarible, dan OpenSea. 

Teknologi NFT dan blockchain yang akan memberikan jaminan bagi seniman atas kepemilikan karyanya. Tentunya ini merupakan sebuah inovasi bagi seniman digital yang selalu kesulitan dalam melawan plagiarisme dan pencurian kreatif. Sistem smart contract yang ada pada NFT memungkinkan seniman untuk menuliskan persentase royalti setiap kali karyanya berpindah tangan.

Tak hanya itu, harga aset NFT juga bisa mencapai angka yang sangat tinggi. Misalnya, karya NFT termahal, yang dibuat oleh Beeple dengan judul Everydays-The First 5000 Days, terjual dengan harga $69 juta dolar pada Maret 2021 lalu. Hal ini menunjukkan apresiasi terhadap aset-aset NFT yang sama tingginya dengan karya seni fisik.

Sebagian besar, NFT diperdagangkan memakai ether (ETH), koin buatan Ethereum. Seperti namanya, "non-fungible", NFT merupakan aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tak bisa ditukar atau digantikan.

Mengapa NFT bisa mahal?

Alasan orang rela membayar mahal demi berkas NFT pun bermacam. Bagi penikmat karya seni, alasannya bisa sebagai apresiasi. Bagi karya seperti swafoto Ghozali, meskipun terlihat remeh, konsistensinya membuat foto selama lima tahun dapat menjadikan karyanya bernilai. Di lain sisi, aspek ketokohan juga kadang berpengaruh dalam penjualan aset NFT. Tokoh kenamaan seperti Jack Dorsey dan Edward Snowden pernah merilis NFT yang laku jutaan dolar AS.

Selain itu, pembeli juga bisa jadi berspekulasi harga itemnya akan terus naik dan ia akan mendapatkan keuntungan.

Kenapa Orang Membeli NFT?

1.       Aset NFT tersebut memiliki nilai sejarah yang dimiliki oleh orang yang berpengaruh atau tokoh publik pemilik nama tersohor.Sehingga dengan nilai sejarah itu aset NFT menjadi memiliki nilai yang tinggi dan hanya akan dimiliki oleh satu orang di seluruh dunia.

2.      Aset NFT tersebut dibuat oleh orang terkenal. Dengan sebuah nama yang populer, seseorang tidak akan berpikir dua kali untuk hal itu.Nama orang yang terkenal bisa jadi sangat berharga bagi sebagian orang. Sehingga memiliki keinginan untuk memilikinya meski dengan harga yang tinggi.

3.       Aset NFT tersebut memiliki narasi yang kuat. Sebuah narasi yang kuat dalam dunia aset digital akan sangat berpengaruh pada harga jualnya. Semakin kuat narasi akan lebih banyak peminat untuk mengoleksinya dengan bayaran yang fantastis.

4.       NFT seni memungkinkan seseorang untuk melacak semua transaksi setelah penjualan awal sebuah objek digital. Karena itu, fitur pelacakan juga memungkinkan pemilik awal objek mendapat royalti abadi dari objek digital tersebut.

5.       Desain teknologi NFT memicu spekulasi, karena jumlah barang digital yang dibuat satu seniman masih terbatas, sementara yang mencarinya kian banyak, maka muncul investor dan spekulasi yang sama-sama membuat harga jual sebuah NFT makin mahal.


Sumber:

Detik.com

https://portalmajalengka.pikiran-rakyat.com

www.kompas.com