Thursday, February 14, 2019

Sinematografi vs Videografi

foto

Seorang sinematografer biasa juga disebut sebagai director of photography (DOP). Seorang sinematografer adalah orang yang bertanggungjawab atas kru kamera dan lighting. Tanggungjawab sinematografer juga mewujudkan apa yang di inginkan sutradara yang berhubungan dengan teknis dan artistik seperti pemilihan lensa, pencahayaan, komposisi, penggunaan filter, pergerakan kamera, dan masih banyak lagi. Intinya semua yang berhubungan dengan aspek visual dalam film.Setiap keputusan yang diambil oleh sinematografer juga harus sesuai dengan keinginan sutradara dan konsep cerita.Pada produksi skala besar seperti layar lebar, seorang sinematografer umumnya tidak mengoperasikan kamera,karena itu adalah tugas seorang operator cameraman.

Sejarahnya, sinema dan video adalah dua hal berbeda.

Istilah videografer secara umum menggambarkan seseorang yang bekerja dalam produksi videografi atau video, yang tentunya berbeda dengan film. Ini berarti bahwa seorang sinematografer bekerja pada film dan videografer bekerja pada video, karena pada masa itu video dan film merupakan dua hal yang berbeda. Namun seiring berkembangnya teknologi digital, sekarang ini istilah antara sinematografer dan videografer sudah sulit dibedakan. Saat ini seorang sinematografer film sebagian besar bekerja telah beralih menggunakan kamera digital.

Videografer Bekerja pada simpel kru

Menjelaskan perbedaan antara produksi film dan produksi video bukanlah cara terbaik untuk membedakan antara videografer dan sinematografer. Umumnya yang membedakan videografer dan sinematografer terletak pada besar kecilnya jumlah kru. Videografer bekerja pada kru yang simpel atau sedikit,seringkali bekerja sendiri dan juga mengoperasikan kamera. Videografer sering dikaitkan dengan dokumentasi acara, program tv, iklan skala kecil, video perusahaan dan dokumentasi pernikahan. Karena videografer sering bekerja sendiri mereka biasanya menangani juga elemen produksi lainnya, termasuk editing, audio, lighting dan lainnya.

maxresdefault

Mengapa videografer menyebut dirinya sebagai sinematografer?

Jika perbedaan antara seorang videografer dan sinematografer begitu jelas,mengapa ada kerancuan? Semua disebabkan karena munculnya video digital, seorang videografer banyak menggunakan istilah istilah yang juga digunakan sinematografer bahkan sekarang ini banyak orang menyebut dirinya seorang DOP padahal hanya sebatas mengoperasikan kamera. Semakin popularnya kamera DSLR yang dapat menciptakan video seperti film memberikan kontribusi yang besar pada istilah videografer.

Videografer di anggap kameraman pernikahan

Salah satu alasan mengapa videografer sering menyebut dirinya sinematografer adalah karena image tentang videografer yang identik dengan video dokumentasi pernikahan. Padahal sekarang ini dokumentasi pernikahan juga dikerjakan oleh para profesional yang tarifnya juga besar dan menjadi lahan bagi para perusahaan besar dalam bidang media.

Anda mau belajar lebih banyak tentang ini, kuliah aja di ATVI

sumber

logo ig teguh

 

0 Comments:

Post a Comment