Thursday, April 19, 2018

VIDEO SWITCHER

VIDEO SWITCHER (Vision Mixer)

Video switcher atau ada juga yang menyebutnya dengan vision mixer adalah alat yang digunakan untuk memilih gambar dari beberapa sumber video yang masuk ke vision mixer untuk selanjutnya diolah, dipadukan hingga menjadi hasil yang utuh.Sumber video di sini tidak hanya dari kamera tapi dapat juga dari sumber video lain seperti VT,Grafis,Laptop dll.Umumnya switcher digunakan dalam sebuah system produksi yang dinamakan multi camera.Istilah mixer  cenderung banyak digunakan di Negara Eropa, sedangkan switcher adalah istilah yang lebih popular di Amerika.

video switcher

Kemampuan dan Penggunaan

Sebuah video switcher  akan menghasilkan master perekaman video secara real-time,yang digunakan untuk produksi baik di siarkan secara langsung maupun rekaman,atau apapun yang memerlukan banyak sumber untuk digabungkan saat itu juga (sudah ada proses editing).Sebuah video switcher selain dapat digunakan untuk melakukan pencampuran gambar dengan cara cutting (perpindahan gambar tanpa transisi) ia juga dapat melakukan dengan efek transisi (dissolve ataupun wipe) bahkan dengan berbagai efek lainnya seperti picture in picture (PnP).
Cara Kerja Video Switcher

Pada dasarnya switcher video bekerja berdasarkan  input ,terdiri dari berbagai deretan tombol yang masing masing tombol mewakili satu sumber video. Banyaknya tombol tergantung dengan merk dan spesifikasi dari video switcher yang digunakan,namun umumnya untuk penggunaan yang sederhana setidaknya memiliki 4 input video.

se500

 

Umumnya video switcher memiliki  2 deretan tombol ,yaitu deretan tombol program dan deretan tombol preview yang masing masing memiliki monitor sendiri.

-Deretan tombol program adalah sumber video yang sedang di rekam,di siarkan ataupun sedang on program

-Sedangkan deretan tombol preview adalah sumber video yang dipilih yang nantinya akan di rekam atau camera yang akan on berikutnya.

Tombol preview terjadang tidak digunakan jika menggunakan cutting ,namun akan berguna jika nantinya menggunakan efek transisi/dissolve.

Fitur lain yang utama dari video switcher adalah tuas transisi, juga disebut T-bar atau Fader Bar. Tuas ini berguna untuk menciptakan efek transisi yang halus antara dua input. Tapi kini ada juga yang telah menggunakan button “auto”. Boleh dibilang lebih praktis menggunakan auto, cukup mengatur settingnya kita bisa dengan mudah memindahkan atau menerapkan efek pada video tanpa Feder.

Keying/chroma key

Selain digunakan untuk mengatur transisi video, video switcher juga digunakan untuk memberikan efek keying pada video.

keying

Keying adalah pemberian efek pada video agar warna tertentu yang ada pada gambar bisa dihilangkan ( biasanya hijau atau biru ) dan digantikan dengan background yang telah di input ke vision mixer. Efek keying ini biasanya digunakan untuk acara pemberitaan atau pembuatan film yang memerlukan pergantian background

logo ig teguh
sumber :

-http://tanjana26.blogspot.co.id/2014/09/switcher-vision-mixer-dts-1000-pada.html

https://www.mediacollege.com/video/production/vision-mixer/

0 Comments:

Post a Comment