Tuesday, June 30, 2015

TALLY LIGHT CAMERA

FUNGSI TALLY LIGHT PADA CAMERA

datavideo-td-1-002

Tally light adalah sebuah sinyal lampu kecil yang terdapat pada camera professional atau monitor,umumnya terdapat pada bagian atas lensa atau viewfinder.Lampu ini berfungsi sebagai media komunikasi untuk camera man dan talent (host,penyanyi,reporter dll).
Untuk cameraman tally light sangat penting,karena ini memberikan tanda bahwa camera sudah dalam posisi merekam (untuk single cam) dan sudah on program (untuk multi camera),untuk talent akan memberikan tanda bahwa mereka sudah harus posisi on air atau bisa juga untuk memandu pandangannya saat berinteraksi dengan pemirsa di rumah.

2717042592_44d25b658b_z
Pada produksi yang menggunakan single camera maka tally light ini akan menyala pada saat cameraman menekan tombol recording,namun apabila system yang di gunakan adalah multi camera yang artinya semua camera terintegrasi dan tersambung dalam satu system yaitu switcher maka tally akan menyala pada saat pengarah acara (program director) meng on airkan camera du switcher.
Adakalanya tally light akan menyala bersamaan pada beberapa camera,jika gambar yang di ambil oleh pengarah acara bersumber dari beberapa camera yang on air secara bersamaan,misalnya pada saat posisi di mix/dissolve.

0 Comments:

Post a Comment